Gambar Lilang Laras Jiwo, 2012, Penampilan Gendhing Jati Kendang |
Macapat
diartikan sebagai maca
papat-papat
(membaca empat-empat), yaitu maksudnya cara membaca terjalin tiap
empat suku kata, adalah karya sastra puisi tradisional Jawa yang
dilagukan atau dalam bentuk tembang. Setiap bait macapat mempunyai
baris kalimat yang disebut gatra,
dan setiap gatra mempunyai sejumlah suku kata (guru
wilangan)
tertentu, dan berakhir pada bunyi sanjak akhir yang disebut guru
lagu (Wikipedia, 2003).
Di
Jawa
Timur
dan Bali
macapat telah dikenal sebelum datangnya Islam. Sedangkan di Jawa
Tengah, macapat diperkirakan muncul pada akhir Majapahit
dan dimulainya pengaruh Walisanga
pada masa Mataram Islam.
Macapat
ternyata ditemukan dalam kebudayaan selain di masyarakat Jawa dengan
nama lain yaitu di masyarakat Sunda Bali,
Sasak
(Lombok) dan
Madura.
Selain itu macapat juga pernah ditemukan di Palembang dan
Banjarmasin. Biasanya macapat diartikan sebagai maca
papat-papat
(membaca empat-empat), yaitu maksudnya cara membaca terjalin tiap
empat suku kata. Namun ini bukan satu-satunya arti, penafsiran
lainnya ada pula.
Konon maca-sa
termasuk kategori tertua dan diciptakan oleh para Dewa dan diturunkan
kepada pandita Walmiki dan diperbanyak oleh sang pujangga istana
Yogiswara dari Kediri.
Ternyata ini termasuk kategori yang sekarang disebut dengan nama
tembang
gedhé.
Maca-ro
termasuk tipe tembang
gedhé
di mana jumlah bait per pupuh bisa kurang dari empat sementara jumlah
sukukata dalam setiap bait tidak selalu sama dan diciptakan oleh
Yogiswara.
Maca-tri
atau kategori yang ketiga adalah tembang
tengahan
yang konon diciptakan oleh Resi Wiratmaka, pandita istana Janggala
dan disempurnakan oleh Pangeran Panji Inokartapati dan saudaranya. Dan akhirnya, macapat
atau tembang
cilik
diciptakan oleh Sunan Bonang dan diturunkan kepada semua wali.
Karya-karya
kesusastraan klasik Jawa dari masa Mataram
Islam,
pada umumnya ditulis menggunakan pola susunan kata dalam baris puisi
(metrum) macapat. Sebuah tulisan dalam bentuk prosa atau gancaran
pada umumnya tidak dianggap sebagai hasil karya sastra namun hanya
semacam 'daftar isi' saja.
Beberapa
contoh karya sastra Jawa adiluhung yang ditulis dalam tembang macapat
termasuk Serat
Wedhatama (Mangkunegara-IV, 1880),
Serat
Wulangreh (Paku Buwana-IV, 1820)
dan Serat
Kalatidha (Paku Buwana -VI, 1830).
Puisi
tradisional Jawa atau tembang biasanya dibagi menjadi tiga macam :
- tembang cilik,
- tembang tengahan dan
- tembang gedhé.
Macapat
dimasukkan kepada kepada kategori tembang
cilik
dan juga tembang
tengahan,
sementara tembang
gedhé
berdasarkan kakawin
atau puisi tradisional Jawa Kuna, namun dalam penggunaannya pada masa
Mataram Islam, tidak diterapkan perbedaan antara suku kata panjang
ataupun pendek.
Di
sisi lain tembang
tengahan
juga bisa merujuk kepada kidung,
puisi tradisional dalam bahasa Jawa Pertengahan.
Kalau
dibandingkan dengan kakawin,
aturan-aturan dalam macapat berbeda dan lebih mudah diterapkan
menggunakan bahasa Jawa karena berbeda dengan kakawin yang didasarkan
pada bahasa
Sanskerta,
dalam macapat perbedaan antara suku kata panjang dan pendek
diabaikan.
Struktur macapat
Sebuah karya sastra macapat biasanya dibagi menjadi beberapa pupuh, sementara setiap pupuh dibagi menjadi beberapa pada.Setiap pupuh menggunakan metrum yang sama. Metrum ini biasanya tergantung kepada watak isi teks yang diceritakan.Jumlah pada per pupuh berbeda-beda, tergantung terhadap jumlah teks yang digunakan. Sementara setiap pada dibagi lagi menjadi larik atau gatra. Sementara setiap larik atau gatra ini dibagi lagi menjadi suku kata atau wanda. Setiap gatra jadi memiliki jumlah suku kata yang tetap dan berakhir dengan sebuah vokal yang sama pula.
Aturan mengenai penggunaan jumlah suku kata ini diberi nama guru wilangan. Sementara aturan pemakaian vokal akhir setiap larik atau gatra diberi nama guru lagu.
Jenis metrum macapat
Jumlah metrum baku macapat ada limabelas buah. Lalu metrum-metrum ini dibagi menjadi tiga jenis, yaitu tembang cilik, tembang tengahan dan tembang gedhé.Kategori tembang cilik memuat sembilan metrum, tembang tengahan enam metrum dan tembang gedhé satu metrum.
Jenis
tembang Macapat 11 buah sbb :
1. Pucung : 4 gatra (12u, 6u, 8i, 12a)
2. Maskumambang : 4 gatra (12i, 6a, 8i, 8a)
3. Gambuh : 5 gatra (7u, 10u, 12i, 8u,8o)
4. Megatruh : 5 gatra (12u, 8i, 8u, 8i, 8o)
5. Mijil : 6 gatra (10i, 6o, 10e, 10i, 6i, 6u)
6. Kinanthi : 6 gatra (8u, 8i, 8a, 8i, 8a, 8i)
7. Durma : 7 gatra (12a, 7i, 6a, 7a, 8i, 5a, 7i)
8. Pangkur : 7 gatra (8a, 11i, 8u, 7a, 12u, 8a, 8i)
9. Asmaradana : 7 gatra (8i, 8a, 8e, 8a, 7a, 8u, 8a)
10. Sinom : 9 gatra (8a, 8i, 8a, 8i, 7i, 8u, 7a, 8i, 12a)
11. Dhandhanggula : 10 gatra (10i, 10a, 8e, 7u, 9i, 7a, 6u, 8a, 12e, 7a)
1. Pucung : 4 gatra (12u, 6u, 8i, 12a)
2. Maskumambang : 4 gatra (12i, 6a, 8i, 8a)
3. Gambuh : 5 gatra (7u, 10u, 12i, 8u,8o)
4. Megatruh : 5 gatra (12u, 8i, 8u, 8i, 8o)
5. Mijil : 6 gatra (10i, 6o, 10e, 10i, 6i, 6u)
6. Kinanthi : 6 gatra (8u, 8i, 8a, 8i, 8a, 8i)
7. Durma : 7 gatra (12a, 7i, 6a, 7a, 8i, 5a, 7i)
8. Pangkur : 7 gatra (8a, 11i, 8u, 7a, 12u, 8a, 8i)
9. Asmaradana : 7 gatra (8i, 8a, 8e, 8a, 7a, 8u, 8a)
10. Sinom : 9 gatra (8a, 8i, 8a, 8i, 7i, 8u, 7a, 8i, 12a)
11. Dhandhanggula : 10 gatra (10i, 10a, 8e, 7u, 9i, 7a, 6u, 8a, 12e, 7a)
Di bawah ini disajikan contoh-contoh penggunaan setiap metrum macapat dalam bahasa Jawa beserta terjemahannya dalam bahasa Indonesia. Dijelaskan pula tokoh penciptanya menurut legenda dan watak setiap metrum
1. Dhandhanggula (Serat Jayalengkara, 10 gatra)
Prajêng
Medhang Kamulan winarni, 10i
narèndrâdi
Sri Jayalengkara, 10a
kang
jumeneng nerpatiné, 8e
ambek
santa budi alus, 7u
nata
dibya putus ing niti, 9i
asih
ing wadya tantra, 7a
paramartêng
wadu, 6u
widagdêng
mring kasudiran, 8a
sida
sedya putus ing agal lan alit, 12i
tan
kènger ing aksara. 7a
Gereng-gereng
Gathotkaca sru anangis, 12i
Sambaté
mlas arsa, 6a
Luhnya
marawayan mili, 8i
Gung
tinamêng astanira, 8a
3. Sinom (9 gatra), Serat Kalatidha
Mangkya
darajating praja, 8a
Kawuryan
wus sunyaruri, 8i
Rurah
pangrehing ukara, 8a
Karana
tanpa palupi, 8i
Atilar
silastuti, 7i
Sujana
sarjana kelu, 8u
Kalulun
kalatidha, 7a
Tidhem
tandanging dumadi, 8i
Hardayengrat
dening hardening rubeda, 12a
4. Asmaradana (7 gatra)
Aja
turu soré kaki, 8i
Ana
Déwa nganglang jagad, 8i
Nyangking
bokor kencanané, 8e
Isine
donga tetulak, 8a
Sandhang
kelawan pangan, 7a
Yaiku
bagéyanipun, 8u
Wong
melek sabar narima.8a
5. Kinanthi (6 gatra) Serat Rama gubahan Yasadipura, metrum ini konon diciptakan oleh Sultan Adi Erucakra.
Karakter metrum Kinanthi ini memiliki watak gandrung dan piwulang.
Anoman
malumpat sampun, 8u
Praptêng witing nagasari, 8i
Mulat mangandhap katingal, 8a
Wanodyâyu kuru aking, 8i
Gelung rusak awor kisma, 8a
Ingkang iga-iga kêksi. 8i
Praptêng witing nagasari, 8i
Mulat mangandhap katingal, 8a
Wanodyâyu kuru aking, 8i
Gelung rusak awor kisma, 8a
Ingkang iga-iga kêksi. 8i
6. Pangkur (7 gatra, gubahan, Ranggawarsita)
Lumuh
tukua pawarta, 8a
Tan saranta nuruti hardengati, 11i
Satata tansah tinemu, 8u
Kataman martotama, 7a
Kadarmaning narendra sudibya sadu, 12u
Wus mangkana kalih samya, 8a
Sareng manguswa pada ji. 8i
Tan saranta nuruti hardengati, 11i
Satata tansah tinemu, 8u
Kataman martotama, 7a
Kadarmaning narendra sudibya sadu, 12u
Wus mangkana kalih samya, 8a
Sareng manguswa pada ji. 8i
7. Durma (Langendriyan)
Damarwulan
aja ngucireng ngayuda, 12 a
Baliya sun anteni, 7 i
Mangsa sun mundura, 6 a
Lah Bisma den prayitna, 7 a
Katiban pusaka mami, 8 i
Mara tibakna, 5 a
Curiganira nuli. 7 i
Baliya sun anteni, 7 i
Mangsa sun mundura, 6 a
Lah Bisma den prayitna, 7 a
Katiban pusaka mami, 8 i
Mara tibakna, 5 a
Curiganira nuli. 7 i
8. Mijil (Haji Pamasa, Ranggawarsita)
Jalak
uren mawurahan sami, 10 i
Samadya andon woh, 6 o
Amuwuhi malad wiyadine, 10 e
Ana manuk mamatuk sasari, 10 i
Angsoka sulastri, 6 i
Ruru karya gandrung. 6 u
Samadya andon woh, 6 o
Amuwuhi malad wiyadine, 10 e
Ana manuk mamatuk sasari, 10 i
Angsoka sulastri, 6 i
Ruru karya gandrung. 6 u
9. Pucung (4 gatra)
Tuladha
:
Ngelmu
iku kelakone kanthi laku --> u
Lekase lawan kas --> a
Tegese kas nyantosani --> i
Setya budya pengekesing dur angkara --> a
Tembang Tengahan (Sekar
Madya)Lekase lawan kas --> a
Tegese kas nyantosani --> i
Setya budya pengekesing dur angkara --> a
1. Jurudemung (7 gatra, Serat Pranacitra)
ni
ajeng mring gandhok wétan, 8a
wus
panggih lan Rara Mendut, 8u
alon
wijilé kang wuwus, 8u
hèh
Mendut pamintanira, 8a
adhedhasar
adol bungkus,8u
wus
katur sarta kalilan, 8a
déning
jeng kyai Tumenggung, 8u.
2. Wirangrong (6 gatra, Serat Wulang Rèh anggitan Pakubuwana IV)
dèn
samya marsudêng budi, 8i
wiwéka
dipunwaspaos, 8o
aja-dumèh-dumèh
bisa muwus, 10u
yèn
tan pantes ugi, 6i
sanadyan
mung sakecap, 7a
yèn
tan pantes prenahira, 8a
3. Balabak (6 gatra, Serat Jaka Lodhang anggitan Ki Ranggawarsita)
Byar
rahina Kèn Rara wus maring sendhang, 12a
mamèt
wé, 3e
turut
marga nyambi reramban janganan, 12a
antuké,
3e
praptêng
wisma wusing nyapu atetebah, 12u
jogané,
3e
4. Gambuh (5 gatra, Ki Padmosukoco)
Sekar
gambuh ping catur, 7u
Kang cinatur polah kang kalantur, 10u
Tanpa tutur katula tula katali, 12i
Kadaluwarsa katutuh, 8u
Kapatuh pan dadi awon, 8o.
Kang cinatur polah kang kalantur, 10u
Tanpa tutur katula tula katali, 12i
Kadaluwarsa katutuh, 8u
Kapatuh pan dadi awon, 8o.
5. Megatruh (5 gatra, Babad Tanah Jawi anggitan Ki Yasadipura)
"sigra
milir kang gèthèk sinangga bajul, 12u
"kawan
dasa kang njagèni, 8i
"ing
ngarsa miwah ing pungkur, 8u
"tanapi
ing kanan kéring, 8i
"kang
gèthèk lampahnya alon, 8o
Tembang
Gede/Sekar Ageng
Girisa (8 gatra)
Metrum ini memiliki watak megah (mrebawani). Metrum ini diambil dari metrum kakawin dengan nama yang sama.
Dene
utamaning nata, 8 a
Berbudi bawa leksana, 8 a
Lire berbudi mangkana, 8 a
Lila legawa ing driya, 8 a
Agung dennya paring dana, 8 a
Anggeganjar saben dina, 8 a
Lire kang bawa leksana, 8 a
Anetepi pangandika. 8 a
Berbudi bawa leksana, 8 a
Lire berbudi mangkana, 8 a
Lila legawa ing driya, 8 a
Agung dennya paring dana, 8 a
Anggeganjar saben dina, 8 a
Lire kang bawa leksana, 8 a
Anetepi pangandika. 8 a
Sumber pustaka
- Lilang Laras Jiwo, 2012, Gambar Penampilan Gendhing Jati Kendang oleh sinden pagelaran karawitan, Yogyakarta
- Karsono H. Saputra, 1992, Pengantar Sekar Macapat. Depok: Fakultas Sastra Universitas Indonesia. ISBN 979-8184-02-5
- Poerbatjaraka, 1952, Kapustakan Djawi. Djakarta: Djambatan
- Prijohoetomo, 1934, Nawaruci : inleiding, Middel-Javaansche prozatekst, vertaling vergeleken met de Bimasoetji in oud-Javaansch metrum. Groningen: Wolters
- I.C. Sudjarwadi et al., 1980, Seni macapat Madura: laporan penelitian. Oleh Team Penelitian Fakultas Sastra, Universitas Negeri Jember. Jember: Universitas Negeri Jember.
- Bernard Arps, 1992, Tembang in two traditions: performance and interpretation of Javanese literature. London: SOAS
- Hedi I.R. Hinzler, 1994, Gita Yuddha Mengwi or Kidung Ndèrèt. A facsimile edition of manuscript Cod. Or. 23.059 in the Library of Leiden University. Leiden: ILDEP/Legatum Warnerianum
- Th. C. van der Meij, 2002, Puspakrema. A Javanese Romance from Lombok. Leiden: CNWS. ISBN 90-5789-071-2
- Th. Pigeaud, 1967, Literature of Java. Catalogue Raisonné of Javanese Manuscripts in the Library of the University of Leiden and other public collections in the Netherlands. Volume I. Synopsis of Javanese Literature 900 - 1900 A.D. The Hague: Martinus Nyhoff