21 Mar 2011

Mengenal Penyakit Rematik, Gejala & Obatnya

Rematik atau Reumatik adalah penyakit yang menyerang persendian. Selain menyerang persendian, penyakit rematik juga menyerang otot dan urat.


Rematik pada sendi disebut encok. Encok sendiri ada beberapa macam. Semua encok menganggu kegiatan harian kita, termasuk aktivitas seksual. Obat encok cuma berfungsi meredakan, dan belum tentu untuk menyembuhkan (Handrawan Nadesul, Dr, 2007)Penyebab rematik salah satunya adalah masalah kekebalan tubuh yang berbalik menyerang jaringan persendian. Hal ini mengakibatkan tulang rawan di sekitar sendi menipis dan membentuk tulang baru. Pada saat tubuh digerakkan, tulang-tulang di persendian bersinggungan sehingga memicu rasa nyeri.
Secara kedokteran, Mandi malam atau paparan dingin pada badan dan sendi bukan penyebab encok. Tapi orang yang sudah encok dilarang mandi malam atau terpapar hawa dingin supaya encoknya tidak kambuh. Penyebab encok lebih dari semacam. Pada encok rheumatoid arthritis (RA), entah kenapa sebabnya, tubuh membuat zat yang merusak sendinya sendiri (tergolong penyakit otoimun), yang menimbulkan rasa nyeri dan jadi kaku lalu mengganggu fungsi sendi.

Sendi yang tak difungsikan lama-lama mengakibatkan otot lemah, menciut lalu menurunkan kinerjanya (atrofi). Encok bisa juga disebabkan oleh proses menua. Bisa juga akibat sendi sering dipakai, terkena benturan, trauma olahraga yang mencederai sendi lalu rusak juga. Orang gemuk, pernah kena enyakit sendi, atau ada penyebab lain yang merusak rawan sendi, bisa terkena encok juga.

Sendi yang terinfeksi berbuntut encok juga. Infeksi biasanya berasal dari aliran darah; seperti, kuman kencing nanah, sifilis, dan TBC. Infeksi sendi bisa juga karena tercemar jarum suntik yang tak steril, atau akibat patah tulang yang keluar dari daging. Encok bisa juga bagian dari beberapa sindroma yang melibatkan sendi. Misal, kumpulan penyakit radang mata, radang saluran kemih, yang disertai gejala encok juga.

Ada juga jenis encok yang entah kenapa sebabnya, pada orang tertentu,terbentuk pengapuran sendi yang mengganggu kerja sendi, menimbulkan rasa nyeri bila difungsikan. Ada juga jenis encok karena penulangan abnormal dalam sendi, selain kemungkinan terbentuknya kristal kapur dalam cairan sendi. Pada orang tertentu ada kemungkinan terbentuknya pengapuran sendi pada tulang pinggul. Ia tak bisa membungkuk, lama-lama pinggang dan punggung ikut kaku. Jika pegapuran menjalar sampai ke tulang dada, menimbulkan keluhan sukar bernafas. Dari foto tulang belakangnya tampak kelainan yang spesifik (Handrawan Nadesul, Dr, 2007).

Beberapa jenis encok lainnya disebabkan oleh penyebab dari luar sendi, seperti kanker tulang, atau penyebaran sel kanker dari organ tubuh lain ke tulang.

Secara ilmu tusuk jari, penyebab terjadinya Encok atau reumatik dalam ilmu tusuk jari di sebut "PI". Penyakit ini disebabkan karena adanya penyumbatan energy di dalam tubuh. Ada dua golongan penyebab yaitu :
  1. Kebiasaan hidup yang tidak teratur
Kelelahan yang melukai energy di dalam darah. Hal tersebut disebabkan karena bekerja dalam lingkungan yang lembab, memakai baju basah berkeringat atau basah kehujanan yang menyebabkan masuknya Penyebab Penyakit Luar antara lain: angin, lembab, dingin. Akibatnya dapat masuk ke dalam tubuh dan mengadakan penyumbatan energy dalam tubuh.
Penyebab Penyakit Luar angin
Sesuai sifat angin yang bergerak, penyumbatan dalam meridian tidak menetap melainkan berpindah-pindah
Penyebab Penyakit Luar lembab. Sesuai dengan sifat lembab yang berat dan mengendap, maka penyumbatan Ci (energy) terletak pada posisi tubuh tertentu dan menetap, disebut Encok menetap
Penyebab Penyakit Luar dingin
Bila PPL dingin masuk maka yang terjadi adalah pengerutan perjalanan energi dan pembekuan Ci darah mengakibatkan rasa nyeri yang hebat, disebut Encok nyeri


2. Dalam organ tubuh sudah ada penyakit yang mengendap sebelumnya
a.  Penyebab Penyakit Luar, angin, lembab dan dingin masuk, maka terjadilah panas yang menyumbat dan mengakibatkan Ci (energi) tidak lancar.
b. Penyebab Penyakit Luar angin, lembab dan dingin masuk ke dalam tubuh dan tertampung begitu lama, lalu membentuk panas dan menyumbat perjalanan energi disebut Encok panas


Gejala rematik diataranya:
Nyeri persendian setelah beraktivitas, nyeri pada saat cuaca berubah dari panas ke dingin, peradangan dan hilangnya fleksibilitas sendiri, sendi terlihat kemerahan dan terasa panas, sendi kaku di pagi hari, sendi bengkak, gerak terbatas, dan nyeri persendian.


Banyak orang yang selalu menyamakan penyakit dengan gejalanya, salah satunya adalah rematik yang sering disebut pegal linu.
Sedangkan rematik sendiri bisa merupakan suatu gejala yang mengikuti penyakit Osteoartritis dan Rhematoid Artritis, dimana penderita salah satu yang dirasa pegal dan linu sehingga ada istilah obat pegal linu.
Obat rematik sendiri di kalangan awam sering disebut obat encok yang biasanya juga merupakan obat analgesik (pereda sakit) dan antiinflamatori (penghilang bengkak).
Pembengkakan Sendi, Akibat Rematik
Rhematoid Artritis
Rhematoid Artritis adalah suatu penyakit autoimun dimana persendian (biasanya sendi tangan dan kaki) secara simetris mengalami peradangan, sehingga terjadi pembengkakan, nyeri dan seringkali akhirnya menyebabkan kerusakan bagian dalam sendi.
Artritis rematoid juga bisa menyebabkan sejumlah gejala di seluruh tubuh. Penyakit ini terjadi pada sekitar 1% dari jumlah penduduk, dan wanita 2-3 kali lebih sering dibandingkan pria. Biasanya pertama kali muncul pada usia 25-50 tahun, tetapi bisa terjadi pada usia berapapun.
Untuk pengobatan selain obat yang mempunyai efek antiinflamasi, antipiretik dan analgesik, juga dipakai obat kortiko steroid dan obat imunosupresan.
Osteoartritis
Osteoartritis (Artritis Degeneratif, Penyakit Sendi Degeneratif) adalah suatu penyakit sendi menahun yang ditandai dengan adanya kemunduran pada tulang rawan (kartilago) sendi dan tulang di dekatnya, yang bisa menyebabkan nyeri sendi dan kekakuan.

Penyakit ini biasanya terjadi pada usia diatas 70 tahun. Bisa terjadi pada pria dan wanita, tetapi pria bisa terkena pada usia yang lebih muda.
 Adapun gejala yang sering dialami oleh penderita rematik adalah :

  1. Inflamasi atau bengkak pada sendi, bila kondisi ini lebih dominan dari gejala lainnya maka bijaksana memilih obat rematik yang mempunyai efek mengurangi pembengkakan lebih dominan. Seperti derivat dari asam enolat; piroksikam, tenoksikam. Tetapi biasanya obat ini kuat mengiritasi lambung.
  2. Rasa nyeri, obat rematik dalam hal ini berperan sebagai analgesik. Obat rematik yang mirip dengan aspirin hanya efektif terhadap nyeri dengan intensitas rendah dan nyeri yang berkaitan dengan inflamasi.
  3. Demam, obat rematik dalam hal ini berperan sebagai antipiretik, dimana biasanya akan menurunkan suhu badan di waktu demam saja. Walaupun demikian obat rematik tidak dibenarkan hanya untuk penghilang demam saja karena sifat toksiknya.




Pengobatan pada penderita rematik secara umum ditujukan untuk menghilangkan / mengurangi rasa nyeri, menghilangkan gejala inflamasi (peradangan), dan mencegah terjadinya deformitas (perubahan bentuk) dan memelihara fungsi persendian agar tetap dalam keadaan baik.



Berikut ini beberapa Tips mengobati rematik, dengan menggunakan ramuan tradisional
Alternatif 1 :
Bahan-bahan : - Daun Sendok segar (5 lembar); - Kapur (1 Sendok makan)
Cara Pemakaian:
  • Campurkan daun sendok segar dengan kapur,
  • kemudian letakan diatas bagian yang sakit, (tebalnya sekitar 5 mm).
  • 
    Daun Sendok atw Ki Urat
    
  • Ganti ramuan tersebut tiap 1 hari 1 malam.

















Alternatif 2 :
Bahan-bahan :
- Daun Kumis Kucing (4-5 lembar)
- Tanaman Meniran (4-5 buah)


Daun Kumis Kucing
 
- Air (3 gelas)
Cara Pemakaian:
  • Rebus semua bahan obat rematik diatas dalam 3 gelas air, hingga tersisa 1,5 gelas.
  • Setelah dingin, minum air ramuan rematik tersebut 3 kali sehari (masing-masing setengah gelas).
  • Ulangi sampai satu minggu, jika belum ada perbedaan, konsultasi ke Dokter fisioterapi dan atau Dokter saraf, mungkin yang anda derita bukan reumatik.



Daun Meniran

Catatan :
Hati-hati mengkonsumsi air rebusan daun kumis kucing, karena jika berlebihan akan mengganggu fungsi ginjal.




Dasar pengobatan adalah melancarkan Ci (energi) ditubuh yang tersumbat.
Pada gejala Encok bergerak dan panas, dipakai cara pemijatan pelemahan sebanyak 45 kali. Pada gejala Encok nyeri dan menetap digunakan cara dipanasi / moksibasi.

a. Penyakit Encok di Pergelangan tangan, pergelangan kaki, persendian paha, persendian lutut, persendian pundak dipijat  / di moksa sesuai dengan gejalanya. Dilakukan pemijatan / moksa di sekitar pergelangan dan persendian.

Titik tambahan
b. Untuk hilang rasa pada keempat alat gerak yaitu mengatur dan memperbaiki CI Sie (darah) sebagai titik utama
He Ku (II 4)    : sela antara ibu jari tangan dan telunjuk

Tay Cung (XII 3)    : diatas sela ibu jari kaki dan jari kaki ke II

c. Mengusir penyebab penyakit dan nyeri atau hilang rasa pada jemari
Jari tangan dan jari kaki pijat / moksa di sela-sela jari tangan dan jari kaki. Selanjutnya 3 jari diatas pergelangan tangan luar segaris jari manis (Wai Kuan)

Gejala encok / reumatik / PI yang terletak pada kulit dan otot lebih mudah disembuhkan daripada yang terletak pada tendon dan tulang.


Sumber pustaka :

1 komentar:

bepe mengatakan...

Yg sy rasakan sdh 1 tahun lbh, mungkin trmasuk gejala reumatik juga. Sdh sy periksakan ke dokter, minum obat dan sembuh hanya bbrp hari trs mncul lgi skitnya. Yg trasa skit (ngilu/nyeri/linu) adalah di bagian : tlg pinggang sblh kanan, tlg paha kanan & tlg betis kanan. Skit tsb trlebih terasa jika kondisi otot/pikiran tgang. Kta dkter yg prnah sy periksakan, pemicunya krn ada engkel kanan sy yg bekas keseleo (thn 83/smp kls 1) yg tdk pulih kmbali. Di smping itu makanan krg zat kapur..