No.
|
Nama
|
Alamat Asli
& Sekarang
|
Keterangan
|
1
|
Ahsan
|
Nolobo –
Sawangan
Menetap di
Nolobo
|
|
2
|
Ashun
|
Blabak
|
|
3
|
Agus Priyono
|
Blondo
|
|
4
|
Ahmad Suwidyo
(Gamadi)
|
Mendut
|
|
5
|
Adi Susetyo
|
Paremono
|
|
6
|
Agus Fuad
|
Nolobo –
Sawangan
|
|
7
|
Agus
Tangkilan
|
Tangkilan
|
|
8
|
Ari Gunawan
|
Blabak
Jakarta
|
|
9
|
Agus Prasodjo
(Jojo)
|
Margowangsan
– Swg
Global
Mansion Blok B5/3, Kln. M. Toha Km-4, Tangerang
|
|
10
|
Arumdati
(Etik)
|
Mudal –
Mungkid
|
|
11
|
Arus
|
Kamal -
Pagersari
|
|
12
|
Asmiyati
|
Piji –
Podosoko, Sawangan
|
|
13
|
Bunari
|
Pagersari
|
|
14
|
Bambang
Pamuji Yuwono (Wono)
|
Pesanggrahan
- Mungkid
|
|
15
|
Bagio
(Sutejo)
|
Sigug –
Sawangan
(menetap di
Mudal -Swg)
|
|
16
|
Bakri
|
Paremono
|
|
17
|
Bambang
Sikepan
|
Sikepan -
Mendut
|
|
18
|
Bambang
Gepeng
|
Nolobo -
Sawangan
|
|
19
|
Bambang Heru
Sutoro (Tejo)
|
Tejo -
Tangkilan
|
|
20
|
Bambang Wahid
Hidayat (Wahid)
|
Mungkid
Malang
|
|
21
|
Bronto
|
Jetis
|
|
22
|
Budi Purnomo
|
Mungkid
|
|
23
|
Budiningsih
|
Mungkid
|
|
24
|
Bugel
|
Gunung Lemah
- Sawangan
Menetap di
Gunung Lemah
|
|
25
|
Budi Rihatin
|
Mungkid
|
|
26
|
Budiantoro
|
Sanggrahan
|
|
27
|
Cempluk
|
Bengan Kidul,
Sawangan
|
|
28
|
Chasanatun
|
Sirad -
Mungkid
Menetap di
Sirad
|
|
29
|
Choirul
Ahyani
|
Srikue -
Mungkid
|
|
30
|
Darmanto
|
Tangkilan
|
|
31
|
Dibyo
Purwanto / Cepung
|
Seketi –
Sawangan
Menetap di
Seketi
|
|
32
|
Didik Lesmono
|
Mertoyudan
|
|
33
|
Dulrahman
|
Jebulan -
Sawangan
|
|
34
|
Dwi Hastuti
|
Kiyudan –
Sawangan
Komplek
BekAng TNI– Semper, Tanjung Priok
|
|
35
|
Edy Ristiono
|
Bakalan –
Sawangan
Menetap di
Ngrajek
|
|
36
|
Endang Sri
Hartatik/Tatik
|
Mudal -
Sawangan
|
|
37
|
Endang Bulu
|
Bulu -
Sawangan
Menetap di
Penggaron
|
|
38
|
Edi
|
Wonokerso -
Sawangan
|
|
39
|
Endang
Alfiati
|
Ponggok -
Blondo
|
|
40
|
Fatimah
|
Jetak -
Mungkid
|
|
41
|
Gunawan
|
Pabelan
|
|
42
|
Harjanti
|
Blambangan -
Mungkid
|
|
43
|
Harsono
|
Mungkid
Gresik -
Surabaya
|
|
44
|
Haryono
|
Srikue -
Mungkid
|
|
45
|
Heru Setyo
Sunowo
|
Butuh –
Sawangan
Menetap di
Butuh
|
|
46
|
Hariah
|
Tampir Kulon
|
|
47
|
Hartiyah
|
Piyungan -
Sawangan
|
|
48
|
Indro Gondang
|
Gondang Kidul
|
|
49
|
Ircham
|
Sanggrahan –
Mungkid
Menetap di
Sanggrahan
|
|
50
|
|
|
|
51
|
|
|
|
52
|
Ismail
|
Paremono
|
|
49
|
Ismiyati
(Tiwuk)
|
Bengan Kidul
- Sawangan
|
|
50
|
Isdiningsih
(Ning)
|
Paremono
(Istri
Sarjono)
|
|
51
|
Kartini
|
Mungkid
|
|
52
|
Kismianto
|
Sanggrahan -
Mungkid
|
|
53
|
Khoiriah
|
Mungkid
|
|
54
|
Muhasim
|
Tampir
|
|
55
|
Muh Yuri
|
Blondo
|
|
56
|
Muh. Yusup
|
Taman Agung -
Sedayu
|
|
57
|
Muh Zaeni
|
Blondo
|
|
58
|
Muh Zuhri
|
Sirahan -
Ngluwar
|
|
59
|
Muhdi
|
Paremono
|
|
60
|
Musyarofah
|
Blondo
|
|
61
|
Mandra
|
Mungkid
|
|
62
|
Mutmainah
|
Paremono
|
|
63
|
Nanik
|
Mungkid
Senden -
Mungkid
|
|
64
|
Nur Asmoro
Tri Murti (Nur)
|
Butuh Wetan
|
|
65
|
Nurhadiah
|
Gadingan -
Bojong
|
|
66
|
Nurjanah
|
Kadipiro -
Mungkid
|
|
67
|
Nur Widodo
|
Pranggen -
Sawangan
|
|
68
|
Prabowo
|
Bulu -
Sawangan
|
|
69
|
Purwanto
|
Senden
|
|
70
|
Purwoko
|
Paremono
|
|
71
|
Purwanto
|
Gunung Lemah
|
|
72
|
Rasmono
|
Blondo
|
|
73
|
Rahmat
|
Bengan Kidul
|
|
74
|
Rifatun
|
Gamol -
Mungkid
|
|
75
|
Rohmadi
|
Tampir Wetan
|
|
76
|
Sarjono
|
Keprekan -
Bojong
Taman Galaxy,
Jln. Kebon Sirih No.33 - Bekasi
|
|
77
|
Slamet
|
Bengan Kidul
|
|
78
|
Slamet
|
Papringan –
Sawangan
Menetap di :
Paduroso - Swg
|
|
79
|
Sri Subekti
|
Dendengan -
Bojong
|
|
80
|
Sri Lestari
|
Simping -
Mungkid
|
|
81
|
Sri Susanti
|
Sanggrahan -
Mungkid
|
|
82
|
Srikaton
|
Bedokan –
Sawangan
|
|
83
|
Sudarto
|
Blondo
|
|
84
|
Sudarwati
|
Blondo
|
|
85
|
Sudiyono
|
Gading Legok
- Sawangan
|
|
86
|
Sugiarto
|
Mudal -
Mungkid
|
|
87
|
Sujarwo
|
Jebulan –
Sawangan
|
|
88
|
Sukarti
|
Gondang Kidul
|
|
89
|
Sumarjo
Kurmen
|
Bendo –
Blondo
Menetap di
Bendo
|
|
90
|
Sungkono
(Bero)
|
Bulu -
Sawangan
|
|
91
|
Supriyadiyanti
|
Sanggrahan –
Mungkid
Menetap di
Bekuning - Swg
|
|
92
|
Supriyanto
|
Sanggarhan -
Mungkid
|
|
93
|
Suratmi
Widyawati
(Membo)
|
Paremono
Menetap di
Krapyak – Pr.mono
|
|
94
|
Sri Mulyati
|
Pesanggrahan
- Mungkid
|
|
95
|
Sri Sunarti
|
Kadipiro -
Mungkid
|
|
96
|
Sri
Purwaningsih (Ning)
|
Karangampel –
Tampir
Menetap di
Payaman
|
|
97
|
Sutopo
|
Blondo
|
|
98
|
Sutrisno
|
Payakan –
Sawangan
Menetap di
Payakan
|
|
99
|
Supratiknyo
|
Ponggok -
Blondo
|
|
100
|
Supriyanto
|
Peanggrahan -
Mungkid
|
|
101
|
Sangkrip
|
Ngaglik
Ngisor - Sawangan
Menetap di
Ngaglik
|
|
102
|
Surti Wartini
|
Jetak –
Mungkid
Sedayu -
Muntilan
|
|
103
|
Siti Wardani
|
Dendengan –
Keprekan
Menetap di
Kalinegoro - Mgl
|
|
104
|
Sutanto
|
Njetak -
Mungkid
|
|
105
|
Sutikno
|
Blondo
|
|
106
|
Sri Hartatik
|
Payakan –
Sawangan
Menetap di
Mudal - Sawangan
|
|
107
|
Sri Hartatik
|
Pandansari -
Candimulyo
|
|
108
|
Subari
|
Jumbleng –
Muntilan
Menetap di
Perum-II Jln. Asahan 2 No.7, Tangerang
|
|
109
|
Sumriandiyanti
|
Sanggrahan
Menetap di
Bekuning - Swg
|
|
110
|
Susetyo
|
Penggaron –
Sawangan
Menetap di
Penggaron
|
|
111
|
Sumaryanto
|
Blangkunan
Menetap di
Blankunan
|
|
112
|
Sulistianto
|
Paduroso -
Sawangan
|
|
113
|
Suyono
|
Bengan Kidul
- Sawangan
|
|
114
|
Sahal
|
Kamal
|
|
115
|
|
|
|
116
|
Tibyan
|
Paremono
|
|
117
|
Tri Pambudi
|
Kentengsari –
Sawangan
Cirebon
|
|
118
|
Tumpartani
|
Paremono
|
|
119
|
Tri Narmiyati
|
Sanggrahan -
Mungkid
|
|
120
|
Tri Muryanto
|
Mungkid
|
|
121
|
Umar Santoso
|
Paremono
|
|
122
|
Umar Yulianto
|
Gadingsari -
Sawangan
|
|
123
|
Wahyudi
|
Tampir Kulon
|
|
124
|
Waludi
|
Payakan –
Sawangan
Menetap di
Payakan
|
|
125
|
Walimah
|
Paremono
|
|
126
|
Wardoyo
|
Pagersari
|
|
127
|
Windoyoprono
|
Mendut
|
|
128
|
Welly
|
Njetak –
Mungkid
Menetap di
Njetak
|
|
129
|
Widodo
|
Paremono
|
|
130
|
Wiwik
|
Paduroso -
Sawangan
|
|
131
|
Widiyanto
|
Seketi -
Sawangan
|
|
132
|
Widyastuti
|
Margowangsan
– Sawangan
Menetap di
Margowangsan
|
|
133
|
Widyo Saptono
|
Blambangan -
Mungkid
|
|
134
|
Wiyoto
|
Karangampel
|
|
135
|
Yeny (Yeyen)
|
Piyungan
|
|
136
|
Yubiah
|
Blondo
|
|
137
|
Yuniah
|
Jagalan -
Citran
|
|
138
|
Yubi Datiah
|
Piyungan –
Sawangan
Menetap di
Penggaron
(istri
Susetyo)
|
|
INFORMASI
ALUMNI YANG SUDAH MENINGGAL
(S/D
TAHUN 2018)
|
|||
1
|
Bakat
|
Paremono
|
|
2
|
Broto
|
Senden
|
|
3
|
Muh Rofi
|
Ngluwar
|
|
4
|
Muntasir
|
Pabelan
|
|
5
|
Muslih
|
Gunung Pring
- Muntilan
|
|
6
|
Safilin
|
Ngluwar
|
|
7
|
Siswoto
|
Japun -
Mungkid
|
|
8
|
Sanyoto
|
Bulu -
Podosoko
|
|
9
|
Suhadi
|
Sedayu
|
|
10
|
Sunariyanto
(Noni)
|
Senden
|
|
11
|
Suswandi
|
Bakalan -
Muntilan
|
|
12
|
Triyoso
|
Gadingsari -
Sawangan
|
|
13
|
Susetyo
|
Penggaron
|
|
NAMA
KEPALA SEKOLAH, BAPAK DAN IBU GURU
TAHUN
1971 - 1974
|
|||
1
|
Drs. Sarju
|
Magelang
|
Kepala
Sekolah
|
2
|
Drs. Sutrisno
(alm)
|
Bakalan -
Muntilan
|
Wakil
Kepala Sekolah
|
3
|
Dra. Sri
Sulastri
|
Bakalan -
Muntilan
|
Bhs
Indonesia
|
4
|
Ambarwati,
Bsc (alm)
|
Blondo
|
Ilmu Ukur
|
5
|
Bahtiar, BA
(alm)
|
Podosoko -
Sawangan
|
Fisika
|
6
|
Bambang
Gathuk, BA (alm)
|
Kenthengsari
- Sawangan
|
Olahraga
|
7
|
Dalmuji, BA
(alm)
|
Jetak
|
Ciivics/Administrasi
|
8
|
Drs. Elly
|
Muntilan
|
Bhs.
Indonesia
|
9
|
Jamhari, BA
(alm)
|
Bakalan -
Paremono
|
Olahraga
|
10
|
Marfuah, BA
(alm)
|
Bakalan -
Muntilan
|
Bhs Daerah
|
11
|
Mursidah, BA
|
Karangwuni -
Sawangan
|
PKK
|
12
|
Marjuli, BA
(alm)
|
Bedokan -
Sawangan
|
Sejarah/Bhs
Indonesia
|
13
|
Suherman, BA
(alm)
|
Ngaglik
Ngisor - Sawangan
|
Sejarah/Ilmu
Bumi
|
14
|
Samud, BA
(alm)
|
Ngrajek
|
Sejarah
|
15
|
Sunari, BA
(alm)
|
Mungkid
|
Civics
|
16
|
Sri Suharti,
BA (alm)
|
Mungkid
|
PKK/Bhs
Indonesia
|
17
|
Sunarso, BA
(alm)
|
Jetak
|
Bhs.
Indonesia
|
18
|
Sumardi, BA
|
Jetak -
Mungkid
|
Seni Lukis
|
19
|
Suharto, Bsc
(alm)
|
Bengan Kidul
- Sawangan
|
Ilmu Ukur
|
20
|
Sartan, Bsc
(alm)
|
Gondangan -
Sawangan
|
Ilmu
Aljabar
|
22
|
Syamsul, BA
(alm)
|
Paremono
|
Agama Islam
|
23
|
Sumarsono, BA
(alm)
|
Magelang
|
Biologi
|
23
|
Umi Salamah,
BA
|
Sleman
|
Bhs
Inggeris
|
24
|
Wahyanto, BA
|
Gondang Kidul
|
Seni Suara
|
25
|
Yasto (alm)
|
Piyungan -
Sawangan
|
TU SMP
|
Selamat Datang di Blog kami sebagai ruang silaturahmi, berbagi pengalaman dan memperluas wawasan.
13 Jan 2016
Daftar Alumni SMP Negeri Blabak Lulusan Thn 1974
11 Des 2015
Sorosilah Sodongso (Pangeran Wirjo Dipoleksono)
Eyang Kartodiryo, satu dari 9 putra pepunden Posong |
Bagi yang tertarik ingin mempelajari lebih jauh silahkan menelusuri situs-situs berupa Nisan-nisan di Pekuburan Posong, Mudal, Margowangsan, Gadingsari dan Kuncen.
Narasumber (Mbah Slamet Sahli, 2003) ngendika keturunan pertama Pepunden Posong jumlahnya 10 orang dan diantaranya ada yang kembar. Masukan demi masukan informasi akhirnya bisa digambarkan pada Bagan Sorosilah dibawah.
Tercatat sementara, dari 9 (sembilan) orang anak menurunkan sekitar 45 (empatpuluh lima) cucu dan menurunkan lebih dari 100 buyut. Dari 100 buyut sudah menjadi (n) canggah dan dari n canggah menjadi (nn) Wareng dan (nnn) Udheg-udheg. Pada tahun 2015 sudah ada beberapa keturunan yang sudah sampai Udheg-udheg.
Sebagai indikasi keberlangsungan generasi, pada tahun 2022 anak pertama pepunden sudah menginjak generasi ke-7 sedangkan putra bungsu sudah menginjak generasi ke-5 dengan usia balita hingga paruh baya.
Silahkan periksa Bagan Sorosilah dibawah walaupun masih banyak yang belum teridentifikasi dan masih perlu direvisi, bilamana ada sumber shahih yang mengusulkan untuk direvisi. Semoga bermanfaat.
Sumber :
1. Pak Samidi, Margowangsan - Sawangan, 2003
2. Mbah Slamet Sahli, Dampit - Mertoyudan, 2003
3. Mbah Suharto, Ngaglik Nduwur - Sawangan, 2007
4. Pak Turmudi, Tangerang, 2013
5. Pak Sutrisno, Margowangsan - Sawangan, 2013
6. Pak Suryadi Ahmad, Purwokerto, 2015
7. Yosodipuro, Babad Gijanti, 1755 (Wikipedia)
Siapa Sosok Sodongso...
Maksud penelusuran Silsilah Sodongso bagi Brayat turun waris Posong Sagotrah adalah upaya menelusuri Pepunden Cikal Bakal Trah yang menurunkan 10 putra/putri yang dikenal oleh Turun Waris saat ini (2022).
Penelusuran secara visual berupa dokumen, penuturan primer dari Sesepuh Trah dan Situs Petilasan yang mengindikasikan keberadaan sosok aslinya juga belum diketemukan karena sesepuh yang mengenali silsilah sudah tidak ada lagi. Oleh karenanya, penelusuran dilakukan menggunakan logika alternatif antara lain :
(1) Mengumpulkan penuturan, kisah cerita yang pernah didengar oleh beberapa ahli waris yang bisa dipertanggungjawabkan;
(2) Mengunjungi situs petilasan dan
(3) Menelusuri lewat metafisik "kekuatan ilmu olah batin" kemampuan supranatural dari beberapa ahli waris yang menggeluti bidang tersebut yang secara kebetulan saat ini (2022) ada yang mewarisinya.
Adapun tujuan penelusuran Silsilah Sodongso adalah untuk mencari titik terang siapa sebenarnya Sosok Sodongso. Tujuan lebih jauh adalah untuk memberikan pencerahan kepada generasi turun waris Tokoh Sodongso bahwa yang bersangkutan mengetahui silsilah Sang Tokoh secara lebih (credible) terpercaya, jauh dari tujuan mencari pengakuan (jw : ngaku-ngaku) sebagai keturunan Darah Biru.
Penelusuran Bukti-bukti Penuturan Otentik :
Mengumpulkan bukti-bukti penuturan autentik kisah-kisah yang diceritakan Pinisepuh dan Turun Waris yang mendapatkan informasi metafisik dari seorang ahli supranatural "linuwih".
Sosok Sodongso mempunyai 10 (sepuluh) anak dan masih terjaga hubungan silaturahminya hingga saat ini. Kesepuluh anak Kabuyutan tersebut adalah sbb :
1. Kartowirjo (Gangsan)
2. Djojo (Bendan)
3. Kartorejo (Butuh kulon)
4. Kartodirjo (Posong)
5. Kartodurjo (Butuh kulon)
6. Pm (Popongan)
7. Pm (Mawungan)
8. Niti (Plalangan)
9. Pawiro (Gadingsari)
10.Kartodimedjo (Posong)
Catatan Penuturan Turun Waris sbb :
Tahun 2022, turun waris dari 10 (sepuluh) kabuyutan tersebut di atas masih memelihara tali silaturtahmi walaupun belum secara lengkap dan intensif melakukan acara-acara keakraban, namun sudah cukup bagus terselenggara khususnya untuk yang berdomisili dai Jakarta dan sekitarnya. Namun demikian dari sekian turun waris kesepuluh kabuyutan belum ada yang tahu pasti siapa Pepunden Cikal Bakal yang menurunkan kesepuluh Sosok Kabuyutan tersebut di atas, namun upaya untuk mencari dan menemukan melalui berbagai cara semakin lama semakin menemukan titik terang.
Tahun 1970an Mbah Urip Muljodikromo (kakaknya kakek saya Walijo Ronoredjo) menceritakan bahwa jaman dia kecil sering mendengarkan kisah cerita-cerita ayahnya Ranudikromo, adanya keakraban Mbah Sodongso dengan adik kerabatnya Kuncen Kyai Kasan Iman dan Mbah Urip sering diajak Sebo ke Keraton Mataram Jogja dan Solo.
Tahun 2003 Mbah Slamet Sahli (Dampit) adik kandungnya nenek saya Yung Irah menceritakan bahwa Pepunden Posong Sagotrah bernama Sodongso atau Eyang Sodong adalah sosok yang sangat sakti, memiliki ilmu Pancasona yang tidak mati jika menyentuh bumi dan berumur sangat panjang dari tahun 1795an seumuran Pangeran Diponegoro meninggal awal tahun 1900an. Eyang Sodong atau Mbah Sodongso sangat tidak suka kepada Pemerintahan Belanda sebagai dampak dari Perjanjian Giyanti dan penangkapan P. Diponegoro di Karesidenan Kedu - Magelang. Sodongso adalah Aktor peristiwa heroik pada pembakaran Kantor Pusat Pemerintahan Belanda di Semarang yang dikenal sebagai Gedong Papak, Pasar Johar - Semarang. Gedung tersebut penjagaannya super ketat, namun dengan waskithaning ngelmu kanuragan yang dimilikinya, beliau bisa masuk, membakar gedung dan keluar gedung tanpa diketahui oleh Security.
Cerita dari Mbak Budi Bekasi (nenek asli Gondang, lahir di Lampung, domisili di Jakarta, 2022), bahwa nenek buyutnya sering menuturkan tentang Sodongso, tetapi ybs tidak begitu faham maksud dan tujuannya cerita tersebut, karena belum tahu siapa sebenarnya Tokoh Sodongso kaitannya dengan turun waris yang dikenal sekarang.
Penuturan Mas Bitri bin Surahmat bin Marsan Martoredjo bin Selar bin Kartowirjo bin Sodongso saat berkunjung ke seorang Kyai Kusnadi di Cirebon (2021) dalam perjumpaannya dengan Kyai Kusnadi secara metafisik diperlihatkan bahwa dirinya adalah masih Darah Mataram. Dalam alam bawah sadar Mas Bitri diperlihatkan secara lengkap mulai dari Brawijaya Bhre Kertabhumi, Raja-raja Mataram sampai kakek dan ayahnya yang sudah tiada.
Penelusuran Fisik Situs Petilasan
Lokasi yang dikunjungi adalah situs-situs di Pesarean Mudal Kulon, Pesarean Mudal Wetan, Kuncen, Gadingsari, Puncak Gunung Kuli, Pesarean Lor Pesarean Kidul Margowangsan.
Pada saat penelusuran Petilasan di Pesarean Kuncen, dijelaskan oleh Pengelola Situs petilasan yaitu Bapak Ibrahim asal Wonolobo (Juni 2021) dijelaskan tentang penemuan petilasan, proses penggalangan Turun Waris, penelusuran ke Arsip Keraton Mataram Yogyakarta sampai peresmian Petilasan Kyai Kasan Iman oleh Pejabat Keraton Yogyakarta tahun 2006. Dalam penuturannya, Sosok Kyai Kasan Iman adalah seorang Tokoh Senopati Mataram putra Hamengu Buwana III adik Pangeran Diponegoro lain Ibu. Pada masa pelariannya ke Dsn Kuncen, beliau menjadi warga kampung menyamar dengan nama samaran Kyai Kasan Iman. Arsip Keraton Yogyakarta Hadiningrat menjelaskan, dan mendapatkan kekancingan Kyai Kasan Iman sebagai Bendoro Pangeran Haryo (BRH) Hadinegoro alias Diponido, alias Suryo Ing Ngalogo.
Dalam kisah penuturan yang diwariskan secara turun-temurun oleh beberapa sesepuh Ahli Waris Sodongso , Kyai Kasan Iman adalah adik kandung Sodongso.
Penelusuran Situs di Pesarean Kulon Dsn Mudal ditemukan Nisan R. Djojonegoro yang dipercaya oleh ahli warisnya sebagai Saudara lain Ibu dengan Pangeran Diponegoro. Namun ahli warisnya belum menemukan bukti tertulis atau hasil penelusuran dari Keraton Mataram Yogyakarta Hadiningrat dan mungkin tidak menginginkan adanya Pengakuan Resmi Keraton Mataram untuk menjaga keakraban di internal kerabat R. Djojonegoro dan dengan masyarakat pada umumnya.
Hasil penelusuran Situs ke Puncak Gunung Kuli ditemukan petilasan yang dipercaya sebagai makam Pangeran Dipokusumo yang mungkin juga merupakan salah satu dari 9 (sembilan) Dipo saudara dan kerabat Pangerang Diponegoro. Di petilasan ini tidak ada petunjuk tertulis atau penuturan dari Sesepuh setempat tentang kepastian nama Tokoh lain selain Dipokusumo. Dimungkinkan yang disemayamkan di Puncak Gunung Kuli adalah Tokoh-tokoh Sentono Agung sebelum Perjanjian Giyanti Tahun 1775.
Penelusuran di Pesarean Lor tepatnya di pojok Timur Selatan terdapat petilasan yang dibatasi dengan batu yang merupakan kawasan makam keluarga yaitu Mbah Kartowirjo, Mbah Selar, Mbah Isah Martoredjo, Mbah Supotaruno, dll. Nisan di tempat itu tidak ada yang mewah, tidak ada tanda-tanda petilasan seorang Tokoh yang diagung-agungkan. Yang ada adalah di lokasi tersebut ahli warisnya terlihat rajin berziarah yang ditandai dengan areal yang selalu bersih dan bertabur bunga-bunga layu di atas nisannya. Disitulah kira-kira Mbah Sodongso disemayamkan, namun Sesepuh di Dsn Margowangsan bahkan masyarakat sekitarnya tidak ada yang tahu persis Petilasan Sodongso itu, yang mana.
Hasil Penelusuran Metafisik
Ahli Waris Sodongso yang Menggeluti Metafisik Supranatural (2022) sbb :
- Bapa Sepuh Slamet Hari Chandra bin Sutardjo Hardjosusiswo/Parinem (Mbah Guru), Posong yang berdomisili di Semarang
- Paklik Sisworo bin Slamet Sahli, Dampit Mertoyudan yang berdomisili di Bukateja - Purbalingga
- Mbak Sus binti Sastro Rame, Gunung Lemah yang berdomisili di Ungaran
- Bulik Asmoro binti Suharti binti Dalilah bin Pawiro, Gadingsari yang berdomisili di Wanasri - Tirtosari
- Mas Kyai Edy Paryanto bin Suparman, Bulu - Padasoka yang berdomisili di Lenteng Agung - Depok.
- Adapun sosok Supranatural diluar Waris yang pernah mengunjungi Petilasan di Pesarean Lor dan Pesarean Kidul Dsn Margowangsan, Kuncen, Mudal dan yang menjadi Nara Sumber supporting informasi adalah Dimas Aryo - Pacitan yang berdomisili di Tangerang.
Meditasi adalah cara olah batin yang lebih dalam untuk bisa bertemu dengan Seseorang Tokoh, bilamana tokoh tersebut memang sosok yang berilmu tinggi.
Hasil penelusuran Dimas Aryo dari Pacitan yang bersamadi di Rumah Pak Samidi Margowangsan (Juni 2021) ditemui Para Tokoh (Danyang) Pedukuhan Margowangsan, a.l Mbah Sodong (Sodongso) dan Danyang Pedukuhan Margowongsan yang berbentuk Ular ber-Mahkota. Namun, oleh karena bukan ahli waris dan tidak ada komunikasi apapun antara keduanya, maka pertemuan hanya pertemuan tanpa meninggalkan pesan apapun. Dalam alam bawah sadar hanya memperlihatkan ciri berpakaian ala orang kampung memakai penutup kepala "iket", menyimpan kotak dan cupu berisi koin emas yang merupakan harta karun yang masih tersimpan secara gaib sampai saat ini.
Lebih jauh dalam komunikasi tersebut, badan alus Sodongso menjelaskan bahwa selama Perang Diponegoro beliau sebagai Senopati yang memimpin perang di medan laga mempertaruhkan jiwa raganya demi kejayaan bangsa. Tentunya menjadi Senopati sudah barang tentu berbaju tebal dalam makna kejawen keimanan kepada Tuhan YME dan ilmu kanuragan yang mumpuni yang tidak mempan tajamnya peluru dan senjata tajam. Disamping itu dalam menjalankan peperangan sudah barang tentu berbekal juga materi (harta) yang diceritakan bahwa sisa materi tersebut dikasihkan kepada anak-cucunya dan sampai wafatnya masih tersisa cukup banyak dan disimpan secara metafisik sebagai harta karun yang sampai saat ini (2022) masih ada. Barang tersebut suatu saat akan dibagikan kepada turun warisnya. Harta Karun tersebut secara filosofis bisa merupakan sanepa/peribahasa yang berarti bahwa harta akan menjadi hak ahli warisnya manakala ybs menjadi manusia yang bisa mewarisi karakter beliau dalam pengabdiannya kepada masyarakat luas.
Dalam meditasi yang dilakukan Paklik Sisworo tersebut diatas, badan alus sosok Sodongso ngendika bahwa beliau bernama asli Pangeran Wirjo Dipoleksono alias Wirjodigdo Negoro.
Semasa hidupnya Sodongso menjalin komunikasi secara intensif dengan saudaranya di Kuncen yang bernama Kyai Kasan Iman (BPH Hadinegoro) dan (pm Gadingsari) dilaksanakan sebagaimana biasanya.
Misal dari Brayat (Margowangsan) Kartowirjo bin Sodongso :
Bapak saya : Samidi Adisumarto bin Yung Irah/Walijo Ronoredjo
binti Setro Saiman
bin Karto Wirjo
bin Sodongso (Pangeran Wirjo Dipoleksono)
bin Hamengku Buwono III
bin Hamengku Buwono II
bin Hamengku Buwono I (Pangeran Mangkubumi)
bin Amangkurat IV
bin Paku Buwana I
bin Amangkurat I (Sunan Tegalarum)
bin Hanyokrokusumo (Sultan Agung)
bin Hanyakrawati
bin Panembahan Senopati
bin Ki Ageng Pemanahan
bin Ki Ageng ngEnis
bin Ki Ageng Selo
bin Ki Getas Pendowo
bin Bondan Kejawan (Dyah Lembu Peteng)
bin BRAWIJAYA Bhre Kertabhumi...(Raja Majapahit terakhir)
Jawabannya tergantung dari niat dan kepentingannya generasi saat itu, mengingat karakter Sosok Soodongso justru menginginkan hidup dengan kesahajaan (prasojo), menyembunyikan Gelar Kebangsawanannya dan menyatu dengan masyarakat pada umumnya tidak minta disanjung-sanjung.....
Kami sampaikan pula, walaupun penelusuran ini sifatnya adalah analisis dari penuturan metafisik yang otektik dan kunjungan bukti fisik situs yang sudah disahkan oleh Arsip Keraton Mataram yang secara keyakinan sangat dipercaya (credible) namun kebenaran yuridis "keberadaan Sodongso" alias Pangeran Wirjo Dipoleksono bagi Turun Waris saat ini belum perlu pengujian.
Demikian sekilas penelusuran Silsilah Sodongso alias Pangeran Wirjo Dipoleksono yang merupakan Saudara Kyai Kasan Iman alias BPH Hadinegoro inggih Pangeran Diponido yang merupakan adik lain Ibu dengan P. Diponegoro. Pangeran-pangeran yang dikenal secara luas sebagai 9 (Sembilan) Dipo ini pasca Perang Diponegoro dikejar oleh Belanda dan memilih hidup di pedesaan menanggalkan semua atribut Darah Ratu namun tetap berjuang mengusir Belanda dengan caranya masing-masing.
Semoga tulisan tersebut diatas dapat bermanfaat khususnya bagi segenap Ahli Waris Sodongso baik yang sudah ter-record dalam Buku Trah maupun yang belum.
Kami mengharapkan saran dan kritik yang membangun kesempurnaan postingan Blog.
Cungkup Makam Wetan, berumur ratusan tahun Sentono Agung Nyi Suntiaking disemayamkan di sini |
Cungkup Kuno Makam Kidul berumur ratusan tahun Sosok Kyai Margowongso sering menampakkan diri |
Sumber :
- Wikipedia, Silsilah Raja-raja Jawa, 2022
- Mbah Urip, Margowangsan (sumber info penuturan, 1970)
- Mbah Slamet Sahli, Dampit Mertoyudan (sumber info penuturan, 2003)
- Mbah Sarwadi, Jakarta (sumber info penuturan, 2019)
- Pak Samidi Adisumarto, Margowangsan (sumber info penuturan, 1970 - 2021)
- Pakde Turmudi, Matgowangsan (sumber penuturan, 2012)
- Paklik Sisworo bin Slamet Sahli, Bukateja (sumber info metafisik, 2022)
- Mbak Sus binti Sastro Rame, Ungaran (sumber info metafisik, 2021)
- Dimas Aryo, Pacitan yg berkunjung ke Margowangsan (sumber info metafisik, 2022)
- Mas Bitri Susilo, Indramayu (sumber info penuturan berdasarkan metafisik seorang Kyai, 2022)
- Mbak Budi Bekasi - Lampung (sumber info penuturan, 2022)
- Pak Ibrahim, Wonolobo (sumber info penuturan dan info Situs Kyai Kasan Iman alias BPH Hadinegoro, 2022)
Bagan Silsilah Sodongso (Pangeran Dipoleksono)
15 Jul 2015
Ritual Ibadah Puasa Ramadhan dan Lebaran
Mohon maaf kepada Ibunda atau Ujung |
Rebutan Sego Megono saat setelah Sholat "Ied |
Sebagai penyemangat kegiatan sholat tarawih dan tadarus, warga secara bergantian menyumbangkan minuman kepada para jamaah sholat dan peserta tadarus yang berupa "jaburan". Jaburan adalah sejenis minuman yang dibuat dari kelapa muda dan gula kelapa yang disuguhkan kepada peserta sholat tarawih setelah sholat tarawih. Jaburan dibuat oleh sejumlah warga secara bergilir, seluruh warga mendapat giliran membuat jaburan sehingga selama bulan Ramadhan peserta sholat tarawih akan dijamin mendapat sajian minuman hangat setelah sholat tarawih.
Takbir Malam di Masjid
Pada hari terakhir puasa Romadhan, warga masyarakat berharap-harap cemas menantikan pengumuman "sidang isbath" Pemerintah lewat media Televisi, untuk memastikan apakah esok harinya benar-benar sudah lebaran atau masih harus puasa. Begitu Pemerintah mengumumkan esok harinya lebaran, maka warga berramai-ramai menyalakan obor yang dipersiapkan sebelumnya, melakukan kirab atau arak-arakan sambil melantunkan takbir dan tahmid : "Allahhu akbar, Allahhu akbar, Allahhu akbar, Allahhuakbar wa lillahilham".
Sebagai rasa syukur kehadhirat Allah bahwa puasa telah dilaksanakan sebulan penuh, warga menyiapkan kuliner khusus lebaran untuk disajikan setelah selesai sholat "Iedul Fitri" di masjid yang disebut "megono". Resepnya sederhana hanya nasi, parutan kelapa muda, sayuran dan ikan teri, ditambah dengan telor dan ayam bagi sebagian warga yang bersedia melengkapinya.
Megono disajikan dalam "ancak" atau lengser atau waskom, disajikan untuk dimakan bersama-sama di teras masjid setelah diberi doa oleh seorang tetua Agama setempat, beberapa saat setelah sholat Iedul Fitri selesai. Warga yang ikut dalam makan bersama sego megono adalah seluruh warga yang hadir sholat "Ied" dengan mengambil megono ditaruh di daun-daun pisang yang disediakan sebelumnya.
Tidak ada referensi khusus asal-usul Kenduri Sego megono pasca sholat "Ied". Para tetua kampung hanya menjelaskan bahwa ritual tersebut adalah bentuk rasa syukur warga atas suksesnya pelaksanaan puasa romadhan tanpa ada halangan apapun mulai dari hari pertama hingga hari terakhir puasa.
Menaikkan Balon
Balon plsatik mengudara |
Tibalah saatnya setelah sebulan penuh berpuasa, maka anak-anak sungkem kepada orang tua, saling maaf memaafkan antara saudara, teman dan famili. Sungkeman merupakan momentum paling mengharukan yang dinanti-nantikan dalam acara tahunan untuk saling memaafkan diantara individu. Bagi masyarakat Sawangan - magelang acara ini tidak terbatas untuk warga muslim, tetapi seluruh sanak keluarga "guyub" untuk saling memaafkan.
Acara ujung anak-cucu kepada Orangtua se-famili, pakai baju baru |
Setelah sungkeman di internal keluarga selesai, maka dilakukan sungkeman dengan para tetangga di sekitar rumahnya dan kepada orangtua-orangtua di kampungnya mulai dari yang masih ada hubungan famili kemudian meluas kepada seluruh warga sekampung.
Hari Lebaran 'Iedul Fitri adalah daya tarik yang luar biasa sanak saudara yang berada di luar daerah bahkan di luar pulau menyempatkan diri pulang kampung (mudik) untuk bertemu dengan orangtua dan saudara dan famili serta handai taulan di kampung halaman. Saudara dan sanak famili yang sudah lama tidak berjumpa bisa bernostalgia di rumah orangtuanya masing-masing dengan makan-makan bersama dan berbagi cerita suka duka selama tidak bersama-sama keluarga.
Temu keluarga lengkap, ayah/ibu bersama anak-anaknya, lebaran 2015 |
Dampak sosiologis secara nasional adalah terjadinya penumpukan arus transportasi di sejumlah ruas jalan, menumpuknya warga masyarakat di Bandara Udara, di suatu tempat untuk mudik bersama, terjadinya lonjakan harga kebutuhan pokok secara nasional, bahkan melonjaknya transaksi barang-barang konsumtif utnuk keperluan lebaran.
Inilah salah satu potensi ekonomi yang luar biasa dari adanya penduduk muslim terbesar dan pengaruhnya dalam dunia transportasi, industri tekstil, perdagangan dan kemajuan sosial budaya.
-
Daun & Bunga Paliasa Paliasa (Bugis) atau Katimaha (Jawa) dalam istilah bahasa Inggeris-nya Kleinhovia hospita (Latin : K leinhovi...
-
S etelah kita pelajari dasar-dasar latihan badminton seperti tertulis pada 3 seri tulisan terdahulu, selanjutnya kita ulas tentang penerapa...
-
Eyang Kartodiryo, satu dari 9 putra pepunden Posong S orosilah atau silsilah , silsilah keluarga , bagan silsilah , atau diagram sil...