25 Jun 2011

Badminton Teknik Dasar (2)

Posisi awal pegangan raket & posisi bola pada
Flick Service, Agus 2010 


Pada Seri Kedua Teknik Dasar Badminton akan kita bahas tentang : (1) Posisi pada Saat Memukul Bola / hitting position, (2) Service Ball, (3) Pengembalian Service Ball (4) Underhand (5) Overhead Clear/Lob (6) Underhead (7) Rounded head clear (8) Smash (9) Netting.
1. Posisi Badan pada Saat Memukul Bola (Hitting Position)
  • Posisi badan pada saat memukul bola sangat menentukan kwalitas pukulan. Posisi badan yang tepat akan memaksimalkan fungsi otot sehingga energi yang keluar akan lebih efektif. Tidak jarang terjadi posisi badan yang tidak tepat tidak membuahkan kwalitas pukulan tetapi sustru membuat otot terkilir bahkan cedera otot.
Beberapa Posisi Penting :
a. Posisi badan pada saat memukul bola diatas kepala untuk pemain bukan kidal (overhead)
    
    Posisi Kaki, tubuh , tangan pada saat underhand
    backhand (Simon 2011)
    
  • Jika posisi bola di sebelah kanan, posisi badan menyamping dengan arah net. Posisi kaki kanan berada di belakang kaki kiri. Pada saat memukul bola harus terjadi perpindahan beban berat badan dari kaki kanan ke kaki kiri.
  • Posisi badan harus selalu berada tidak terlalu jauh di belakang bola yang akan dipukul.
  • Jika bola pada posisi di kiri belakang sementara posisi badan masih di tengah lapangan, maka posisi tubuh membelakaki jaring untuk mengambil bola back-hand dan kaki kanan tetap berada di depan. 














b. Posisi badan untuk pukulan dibawah kepala atau jaring (underhead)
b.1 Jika bola berada di sebelah kanan badan
  • Posisi memukul adalah kaki kanan selalu berada di depan dan kaki kiri di belakang.
  • Lutut kaki kanan ditekuk sedikit, sehingga paha bagian bawah agak turun.
  • Tinggi-rendahnya tekukan lutut disesuaikan dengan ketinggian bola yang akan dipukul. Sedangkan saat bola dipukul posisi kaki kiri harus tetap berada di belakang dan hanya bergeser ke depan sedikit.
  • Jika bola pada posisi di kiri belakang dan sudah turun dibawah jaring, sementara posisi badan masih di tengah lapangan, maka posisi tubuh membelakaki jaring untuk mengambil bola back-hand dan kaki kanan tetap berada di depan.
b.2 Jika bola berada di sebelah kiri
  • Posisi memukul adalah kaki kanan tetap berada di depan dan kaki kiri di belakang.
  • Lutut kaki kanan ditekuk sedikit, sehingga paha bagian bawah agak turun.
  • Upayakan jarak badan dengan bola pada jangkauan yang tepat.
  • Jika bola pada posisi di kiri belakang sementara posisi badan masih di tengah lapangan, maka posisi tubuh membelakaki jaring untuk mengambil bola back-hand dan kaki kanan tetap berada di depan.
c. Posisi Badan pada saat footwork maju-mundur, kesamping dan diagonal
  • Dari tengah ke depan, sebagai langkah dasar hanya dua langkah dimulai dengan gerakan kaki kiri terlebih dahulu kemudian kaki kanan. Posisi badan pada saat bergerak maju, berakhir dengan tekanan kaki kanan pada lantai kuat-kuat dengan lutut ditekuk dan badan membungkuk dengan menjulurkan raket meraih bola. Posisi kaki dan badan demikian siap-siap untuk menghentakkan ujung telapak kaki kanan mendorong badan ke belakang.
  • Dari tengah ke belakang, dimulai dari kaki kanan terlebih dahulu berakhir dengan kaki kanan berada di belakang kaki kiri. Posisi badan pada saat mundur, punggung secara otomatis membengkok ke balakang, dengan tangan diatas.
  • Posisi otot bicept lengan bersamaan dengan otot pergelangan tangan dan otot perut dipersiapkan untuk mengantisipasi bola yang akan diarahkan kepada lawan.
  • Gerakan dari tengah lapangan ke depan dan dari tengah lapangan ke belakang dapat dilatih dengan gerakan dari ujung belakang lapangan ke dekat jaring dan sebaliknya.
  • Gerakan dari tengah lapangan arah diagonal ke ujung kanan depan dilakukan 2 langkah kedepan dengan melangkahkan kaki kiri terlebih dahulu dengan langkah akhir kaki kanan di muka berhenti di dekat garis depan kanan. Pada posisi ini lutut ditekuk sedikit dan badan condong ke depan yang diikuti dengan tangan kanan menjulurkan raket untuk menggapai bola.
  • Begitu pula pada gerakan diagonal ke arah ujung kiri depan lapangan pun posisi kaki kanan selalu berada di depan dengan gerakan kaki dan posisi badan yang sama dengan gerakan diagonal ke arah kanan depan lapangan.
  • Pada saat telapak kaki kanan mencapai tujuan, hentakkan kaki ke belakang untuk mendorong badan kembali mundur kearah belakang.
Diskusi :
  1. Kekuatan lutut kaki kanan berfungsi menghentakkan telapak kaki untuk mendorong badan ke balakang menjadi tumpuan keberhasilan gerakan maju yang diikuti gerakan mundur menuju tengah lapangan.
  2. Pada ready position, tumpuan kaki tidak berada di bagian depan atas kaki, berakibat reaksi otot lebih lambat.
  3. Posisi lutut lurus, tidak ditekuk mengakibatkan hentakan ujung telapak kaki tidak maksimal untuk mendorong badan ke balakang.
  4. Pada posisi memukul kaki dan badan sejajar dengan net, berakibat pukulan hanya mengandalkan kekuatan otot bicept dan pergelangan tangan, seluruh otot (lengan, bahu, perut) tidak maksimal sehingga kwalitas pukulan kurang kuat.
  5. Pada posisi underhand, kaki kiri berada di depan, menyebabkan juluran tangan kanan menggapai bola lebih pendek, mudah dimatikan lawan jika bola dikembalikan ke sebelah kiri badan karena keseimbangan kaki kurang.
  6. Lutut (kaki kanan) tidak ditekuk turun menyebabkan hentakan ujung telapak kaki mendorong badan ke belakang dan jangkauan tangan menggapai bola lebih pendek.
2. Service Ball
Dalam aturan permainan bulutangkis, servis merupakan modal awal untuk bisa memenangkan pertandingan. Seorang pemain tidak bisa mendapatkan angka apabila tidak bisa melakukan servis dengan baik. Apabila pemain tidak mahir melakukan servis dengan benar maka akan kehilangan kesempatan untuk mencuri bola.
Service Ball yang Benar :
  1. Pada saat memukul, tinggi kepala (daun) raket harus berada dibawah pegangan raket.
  2. Kontak raket dengan bola harus pada posisi di bawah pinggang.
  3. Kaki kiri statis, tidak lepas dari lantai.
  4. Rangkaian mengayun raket, harus dalam satu rangkaian.
  5. Penerima servivce ball bergerak sesaat setelah bola dipukul.
Jenis service ball :
  • servis pendek,
  • servis panjang dan
  • flick atau mendatar / setengah tinggi.
a. Service Pendek Forehand
  • Tujuan servis pendek ini untuk mendorong lawan agar tidak bisa melakukan serangan terlebih dahulu dan lawan dipaksa memainkan bola pancingan atau bertahan.
  • Bola harus dipukul dengan ayunan raket dengan tekanan ringan mengarah di depan lawan.
  • Pada saat raket kontak dengan bola, kepala raket berada sama dengan ketinggian yang dipegang oleh tangan kiri untuk mendapatkan bola terlempar tipis mendatar jaring.
  • Posisi siku agak ditekuk kesamping untuk memposisikan kepala raket berada pada ketinggian posisi bola yang dilepas oleh tangan kiri.
Diskusi :
  1. Hhindari penggunaan tenaga pergelangan tangan untuk menghindari terlemparnya bola tanggung di depan lawan yang akan berakibat mempermudah lawan menyerang.
  2. Peralihan titik berat badan anda dari posisi agak miring ke kanan pada saat kontak kepala raket dengan bola dan setelah bola lepas dari raket.
  3. Bagi pemain yang postur tubuhnya pendek (dibawah 160 Cm), handeknya posisi service pendek forehand berada agak mundur mendekati titik tengah lapangan, untuk menghindari sudut datangnya bola tanggung kearah lapangan lawan.
  4. Service pendek forehand yang terkenal sangat cantik adalah versi “Christian Hadinata” sewaktu beliau menjadi Pemain Double bersama dengan Ade Chandra dan Ivana Lie.
  5. Prinsip teknis service pendek forehand dengan kwalitas bagus lebih sulit dibandingkan dengan service pendek backhand. Oleh karenanya diperlukan latihan berulang-ulang.

b. Service Pendek Backhand
  • Sikap berdiri adalah kaki kanan di depan kaki kiri, dengan ujung kaki kanan mengarah ke sasaran yang diinginkan. Kedua kaki terbuka selebar pinggul, sehingga dengan sikap seperti ini, titik berat badan bertumpu pada kedua kaki.
  • Tekanan kontak kepala raket dengan bola relatif ringan, ayunan raket tentunya relatif pendek, sehingga bola hanya didorong dengan bantuan peralihan berat badan dari belakang ke kaki depan.
  • Gunakan tenaga otot lengan dan pergelangan tangan yang ringan untuk memperoleh kwalitas service ball yang bagus.
  • Untuk pemain yang postur tubuhnya realtif pendek (dibawah 160 cm), agar posisi service agak mundur tidak persis di titik pertemuan garis tengah dengan garis depan untuk memperoleh sudut datangnya bola kearah lawan tipis mendatar diatas jaring.
  • Arah bola menyesuaikan posisi dan sikap lawan. Namun, dengan kwalitas service yang tipis mendatar diatas jaring sudah membuat lawan akan mengembalikan bola dengan tidak menyerang terlebih dahulu.
  • Posisi dan sikap berdiri lawan yang siap menyerang, dapat mengarahkan bola tidak dengan service panjang backhand ke belakang lawan.
c. Service Panjang Forehand
  • Jenis service ini sering digunakan dalam permainan tunggal. Kedua kaki terbuka tegak lurus dengan arah net dan kedua telapak kaki senantiasa kontak dengan lantai. Lutut kedua kaki lurus, kaki kanan di belakang kaki kiri dengan posisi awal ujung telapak kaki kiri diangkat dan telapak kaki kanan menemppel lantai, sembari mengayunkan raket (underhand) dengan kekuatan penuh, badan terdorong kedepan.
  • Agar bola melayang tinggi dan jatuh tegak lurus di bagian belakang garis lapangan lawan, gunakan otot bahu, otot bicept lengan dan pergelangan tangan secara bersamaan.
  • Setelah melakukan pukulan ada gerak peralihan titik berat badan dari kaki belakang kekaki depan.
  • Konsentrasi sebelum memukul bola, berlatih tekun dan berulang-ulang tanpa mengenal lelah, agar dapat mengusai teknik servis forehand tinggi dengan sebalik-baiknya.
d. Service Flick atau Mendatar
  • Jenis service ini bisa menggunakan forehand service atau backhand service.
  • Posisi kedua kaki dan keseimbangn tubuh sama dengan jenis service pendek tersebut pada point a dan b diatas.
  • Perhatikan posisi raket harus sedikit lebih rendah dibandingkan dengan posisi bola dan harus dibawah bahu. Jika posisi kepala raket lebih tinggi dan diatas bahu, maka akan menghasilkan kesalahan service “false”.
  • Jika arah bola yang diinginkan adalah datar dengan ketinggian bola sedikit diatas jaring dengan laju bola cepat, maka gunakan otot pergelangan tangan dan “kekuatan kedut” untuk memperoleh laju bola relatif lebih cepat menuju sasaran lapangan lawan yang diinginlan.
Diskusi :
  1. Saat ini service backhand pendek sering digunakan pula dalam permainan single, mengingat kekuatan serangan smesh lawan yang mematikan jika dilakukan service ball panjang.
  2. Jenis servis backhand pendek pun jika salah dalam memposisikan kepala raket dan tekanan raket bola akan menghasilkan bola tanggung dan mudah disergap lawan.
  3. Untuk memperoleh kwalitas bola service yang tipis mendatar jaring, bisa dilatih dengan posisi kepala raket sejajar bola, kemudian gerakan kepala raket disered dari arah kiri badan mendatar ke sebalah kanan badan, sehingga arah bola tidak membentuk sudut keatas, tetapi mendatar.
  4. Perhatikan teknik tersebut point (3), ini pada umumnya, arah dan jatuhnya bola sedekat mungkin dengan garis serang pemain lawan. Agar tidak disergap lawan, maka bola diupayakan sedapat mungkin melayang tipis di atas jaring (net). Jenis servis ini kerap digunakan oleh pemain ganda. Tetapi sekarang jenis service ini sering digunakan untuk permainan single, karena pihak lawan sangat kecil kemungkinan akan langsung membunuh.
  5. Biasakan berlatih dengan jumlah bola yang banyak untuk dapat berlatih service berulang-ulang sampai dapat menguasai gerakan dan ketrampilan servis ini dengan utuh dan baik/sempurna.
  6. Jika daun raket lebih tinggi atau posisi daun agak menelingkup menghadap kebawah, maka bola akan terpental turun dan menyangkut jaring.
  7. Jika daun raket lebih tinggi dari pinggang, berarti melanggar ketentuan. Wasit yang melihatnya akan memberikan penalty “false”, hilanglah modal untuk mendapatkan nilai.
  8. Posisi kaki menginjak garis tengah atau depan (melanggar ketentuan), berarti false juga.
  9. Pada saat memukul bola, kaki kiri bergerak melangkah juga false.
  10. Kaki kanan melangkah sebelum bola dipukul akan menambah laju dan arah bola atau arah bola tidak sesuai dengan yang diinginkan.
  11. Rangkaian mengayun raket dan memukul bola tidak boleh terputus, mengganggu konsentrasi pihak lawan .
  12. Penerima servis bergerak sebelum service ball dipukul.
3. Pengembalian Service Ball
  1. Arahkan bola daerah sisi kanan dan kiri lapangan lawan atau ke sudut depan atau belakang lapangan lawan yang memaksa lawan meninggalkan posisi strategisnya di titik tengah lapangannya.
  2. Dalam permainan tunggal, sebaiknya service panjang (loob) lawan dikembalikan dengan : (1) pukulan smesh keras, (2) bola panjang dan tinggi ke salah satu sudut bagian belakang lapangan lawan, atau (3) pukulan pendek (drop short ke sudut depan lapangan lawan.
  3. Hindari melakukan “smesh keras”, tatkala berdiri pada posisi di bagian belakang lapangan sendiri, karena posisi pada saat itu kurang menguntungkan jika smesh dapat dikembalikan dengan penempatan tipis di dekat jaring lapangan kita.
  4. Dalam permainan ganda, dengan datangnya bola tipis diatas jaring maka bola dikembalikan dengan : (1) cepat dan terarah ke posisi kosong, (2) menukik jatuh ke lapangan lawan, (3) diarahkan ke bagian tubuh lawan atau (4) diarahkan pada posisi bola pancingan.
Diskusi :
  1. Jika datangnya bola mendesak posisi badan kita, maka upayakan teknik pengembalian service ball kearah lapangan lawan yang kosong.
  2. Gerakan pengembalian bola tipuan akan lebih menguntungkan kita, karena bola akan dikembalikan tanggung dan mudah untuk kita sambut dengan smesh.
  3. Pengembalian service ball pancingan diarahkan ke posisi lawan yang sekiranya akan dikembalikan dengan bola tanggung seperti long ball arah pojok kiri atas lawan, bola tipis pojok kiri atau kanan posisi pemain lawan.
  4. Pengembalian bola pendek di kiri atau kanan pun jika kurang cermat akan disambut dengan sergapan lawan.
  5. Untuk antisipasi sergapan bola pendek, maka raket kita pasang menghadap keatas dengan posisi daun raket diatas kepala. Dengan demikian, jika lawan menyergap bola dan lewat diatas kepala kita, maka secara otomatis tangan akan bergerak menyambut bola. Pada posisi ini gunakan pergelangan tangan untuk melakukan pukulan balik.
4. Underhand (Pukulan dari Bawah)
  • Posisi kaki kanan selalu berada di depan kaki kiri untuk menjangkau bola. Hendaknya siku dalam keadaan ditekuk dan pertahankan sikap tubuh tetap tegak, sehingga lutut kanan dalam keadaan tertekuk.
  • Untuk memperoleh kwalitas pukulan underhand yang prima dengan jenis pukulan forehand, gunakan tenaga serentak kekuatan otot bahu, otot lengan dan pergelangan tangan dengan cara memegang erat pegangan raket, posisi raket berada di belakang badan dan diayunkan dengan pukulan keras tepat didepan agak kekanan betis kaki kiri dan pukulan ini berakhir di atas bahu kiri. Perhatikan, agar telapak kaki kanan tetap kontak dengan lantai sambil menjangkau bola.
Diskusi :
  1. Untuk pukulan panjang atau lob atau “Clear Underhand”, bola didorong kearah tinggi ke belakang, dengan maksud agar lawan bergerak meninggalkan posisi di tengah lapangan menjauhi jaring.
  2. Untuk pukulan long mendatar atau “Flick Underhand”, bola didorong mendatar ke arah belakang. Flick underhand disebut juga lob serang karena dengan laju bola cepat dan mendatar, mengakibatkan lawan akan terdesak dan hanya akan menggunakan tenaga sekedarnya saja mengembalikan bola kearah kita dan berakibat menghasilkan bola tanggung untuk selanjutnya memudahkan bola kita smesh.
  3. Lob serang tidak mudah dilakukan bagi pemula karena memerlukan kakuatan otot panggul muka dan otot lengan yang kuat. Posisi kaki terbuka selebar pinggul posisi tegaklurus jaring dengan kaki kanan di belakang kaki kiri. Bola bisa diarahkan ke sebelah kiri atau kanan lawan.
  4. Hal yang perlu diperhatikan pada saat pukulan underhand forehand, pergelangan tangan agak bengkok ke belakang dengan siku juga agak ditekuk.
  5. Dengan posisi lengan lurus, langkahkan kaki kanan ke depan, ayunkan raket ke belakang kemudian pukulkan raket pada bola yang sudah dilepas tangan kiri dan pada saat kontak raket dengan bola.
  6. Posisi bola pada saat dipukul kurang lebih di dekat kaki kanan bagian luar dengan posisi akhir raket sesuai arah bola.
  7. Cara latihan underhand, dianjurkan Instruktur melempar bola umpan berulang kali.
5. Overhead Clear atau Overhead Lob
  • Pukulan overhead clear atau loob adalah yang paling sering dilakukan oleh setiap pemain. Namun, teknik pukulan yang kurang tepat dapat mengurangi kkwalitas pukulan. Teknik pukulan loob ini banyak kesamaannya dengan teknik smes dan dropshort. Posisi raket dipukulkan dari atas kepala mengarah ke lapangan lawan. Posisi bola datang dari arah lawan melambung ke arah belakang lapangan kita.
Ada dua jenis overhead lob :
1. Long Lob atau Deep lob atau Clear, bola didorong tinggi ke belakang.
2. Attacking lob/ attacking clear atau bola lob serang, bola didorong ke belakang tidak terlalu tinggi.
Diskusi :
  1. Pergunakan pegangan forehand, pegang raket dan posisinya di samping bahu dan gerakkan raket mengayun lewat diatas kepala.
  2. Posisi badan menyamping (vertikal) dengan arah net. Posisi kaki kanan berada di belakang kaki kiri dan pada saat memukul bola, harus terjadi perpindahan beban badan dari kaki kanan ke kaki kiri.
  3. Posisi badan harus diupayakan selalu berada di belakang bola. Untuk mencapai posisi ini jika posisi badan berada di depan perlu gerakan langkah mundur.
  4. Bola dipukul seperti gerakan melempar dibarengi dengan gerakan memukul paku menggunakan hammer.
  5. Pada saat raket kontak dengan bola, tangan harus lurus. Posisi akhir raket mengikuti arah bola, Ialu dilepas, sedang raket jatuh di depan badan dan pukulkan tepat pada kepala bola. Teknik memukul bola pada saat posisi daun raket tepat pada kepala bola disebut “timing”.
  6. Timing pemain yang bagus akan menentukan kwalitas pengembalian bola kearah lawan. Sering kita jumpai, khususnya dalam menerima bola smesh atau bola mendesak badan, pengembalian bola menjadi tanggung bahkan meleset.
  7. Timing yang kurang bagus bisa mengakibatkan senar putus karena bola menganai senar pada anyaman bagian ujung daun raket.
  8. Cara latihan bagi para pemula yang baru belajar, sebaiknya menggunakan Instruktur dengan cara mengumpan bola dengan tujuan untuk melatih timing.
  9. Bisa juga menggunakan alat bantu bola (shuttlecock) yang digantung pada ketinggian tertentu yang dipukul berulang kali.
Perlu Diperhatikan :
  • Posisi persiapan memukul pada deep overhead (preparation) sama dengan overhead biasa.
  • Jika bola berada jauh di belakang kepala kita, untuk menjangkaunya, pertama badan diputar yaitu dengan melangkahkan kaki kanan ke belakang, lalu lompatkan kaki kanan sambil badan dan raket diputar untuk menjangkau bola yang berada di belakang kepala, sehingga terjadi perpindahan berat badan.
  • Setelah memukul, kaki kiri mendarat lebih dulu, di bagian depan kaki (agak berjingkat), badan harus condong ke depan.
  • Jika bola mendesak jauh di belakang sebelah kiri kita, sementara posisi kita sedang berada di depan dekat jaring, maka untuk menjangkaunya jelas tidak mungkin akan mundur. Dalam kondisi seperti ini, maka harus menggunakan pukulan deep loob backhand atau smash backhand.
6. Rounded Head Clear/rounded lob/rounded drop/rounded smash
  • Pukulan dengan raket memutar dari sebelah kanan kepala terus melewati kepala dan bola dipukul diatas telinga kiri, istilah umum sering disebut overhead. Dalam istilah teknis badminton, bola overhead (di atas) yang dipukul di bagian belakang kepala di samping telinga sebelah kiri disebut “round the head”.
  • Jenis pukulan ini relatif lebih sulit, karena untuk bisa melakukan pukulan ini diperlukan kekuatan kaki, kelenturan pinggul, footwork dan koordinasi gerakan yang seimbang.
  • Dalam posisi bola tinggi, bisa dilakukan rounded clear (bola keatas) dapat juga rounded drop (arah bola menukik) atau rounded smash (bola menukik tajam).
  • Dalam posisi bola lewat dekat diatas kepala setelah kita melakukan service, bola dapat dipotong dengan melakukan rounded smesh.
  • Dalam hal tertentu, pukulan ini dilakukan secara terpaksa karena kesulitan untuk melakukan pukulan backhand atau merupakan gerakan sergap dari pengembalian service ball lawan yang kebetulan bola lewat di atas kepala samping kiri badan.
7. Smash
  • Smash atau pukulan serang yaitu pukulan overhead (atas) yang diarahkan ke bawah dan dilakukan dengan tenaga penuh dengan tujuan utama untuk mematikan lawan. Pukulan smes adalah bentuk pukulan keras yang sering digunakan dalam permainan bulutangkis.
  • 
    Smash Forehand, posisi awal raket,
    tubuh dan kaki saat hitting position
    (Taufik 2011)
    
  • Karakteristik pukulan ini adalah keras, laju bola cepat menuju Iantai Iapangan. Untuk memperoleh kwalitas pukulan maksimal membutuhkan kekuatan otot tungkai, bahu, lengan dan fleksibilitas pergelangan tangan serta koordinasi gerak tubuh yang harmonis.
  • 
  • Pukulan smes dapat dilakukan dalam sikap kedua telapak kaki statis diam di lantai atau sambil loncat setinggi mungkin (King Smash). Oleh karena itu pukulan smash dapat berbentuk :
- Pukulan smash penuh
- Pukulan smash potong
- Pukulan smash backhand
- Pukulan smash melingkar atas kepala (rounded head smesh).
Teknik pukulan masing-masing jenis smesh tersebut diatas perlu latihan secara bertahap karena masing-masing jenis smesh perlu spesifikasi keterampilan, kesiapan otot-otot tubuh, dominasi penggunaan bagian otot dan kelenturan tubuh serta spesifikasi refleks.

Diskusi :
  1. Smesh penuh didominasi kekuatan gerak otot bicept lengan yang disupport oleh pemanfaatan keseluruhan otot tumit, otot bahu muka, otot perut, otot pergelangan tangan untuk memusatkan tenaga pada kekuatan gerak lengan memukul bola.
  2. Pada gerakan smesh potong diperlukan dominasi refleks otot tumit dan otot pergelangan tangan menggapai bola yang didorong lawan ke belakang. Disadari atau tidak, pemain usia muda memiliki refleks lebih cepat dan usia semakin bertambah refleks semakin menurun. Jika refleks sudah menurun, smesh potong akan tidak efektif karena pukulan selalu meleset mengenai bola.
  3. Untuk melatih ketepatan penggunaan otot secara keseluruhan, biasakan bergerak cepat untuk mengambil posisi smesh yang tepat.
  4. Pegangan raket harus yang nyaman,. Jika pegangan licin bisa diganti dengan grip handuk agar menyerap keringat. Gunakan accesoris melingkar ujung lengan untuk menghindari keringat mengalir pada telapak tangan yang berakibat pegangan licin dan raket bisa terlempar saat melakukan smesh.
  5. Posisi telapak tangan berada diujung pegangan, jari-jari menyengkeram kuat. Gripping tetap pada pisisi pegangan V. Buka tangan dan posisikan lengan berada di belakang badan, pusatkan kekuatan seluruh otot pada kekuatan lengan dan ayunkan raket pada bola dengan kekuatan penuh.
  6. Untuk “king smash”, gerakan loncat setelah kesiapan otot lengan dan genggaman raket sudah siap.
  7. Untuk smesh kaki statis tetapi memiliki kwalitas pukulan yang bagus, kaki diangkat sedikit atau “jinjit”, maka sudah cukup membantu pemusatan energi pada lengan.
  8. Smesh yang hanya mengandalkan otot bahu muka dan otot bicept lengan akan berakibat laju bola kurang cepat.
  9. Perhatikan, sikap badan harus tetap lentur, posisi badan pada saat kontak raket dengan bola harus tepat di belakang bola. Secara otomatis kedua lutut akan tertekuk.
  10. Posisi badan yang terlalu jauh ke belakang dari bola akan menyebabkan daun raket terlalu menelungkup dan bola akan menyangkut jaring. Sebaliknya, jika posisi badan terlalu kedepan dari posisi bola, bola akan jatuh terlalu ke belakang atau kurang tajam menukik.
  11. Dalam kasus tertentu dimana posisi bola berada disamping kiri kepala kita, maka rounded smash perlu dominasi pemanfaatan otot panggul memutar. Kaki kiri dan otot pinggang menjadi tumpuan gerakan dan sendi peluru lengan Perkenaan raket dan kok di atas kepala dengan cara meluruskan lengan untuk menjangkau bola setinggi mungkin dan pergunakan tenaga pergelangan tangan pada saat memukul kok.
  12. Akhir rangkaian gerakan pukul itu dengan gerak Ianjut ayunan raket yang sempurna ke depan badan.
  13. Penting : Pada saat kaki mendarat di lantai setelah melakukan rangkaian gerakan smash, salah satu telapak kaki harus agak di depan dari telapak kaki satunya untuk mengantisipasi gerakan lanjut ke depan atau kesamping. Dalam melakukan smash badminton, kaki harus dinamis siap bergerak karena begitu kaki mendarat, pemain harus segera bergerak menjangkau return smash dari lawan yang kadang bola ditaruh di depan net, di samping kiri atau kanan badan kita. Lain halnya gerakan kaki pada smash vlley ball, setelah melakukan smash kaki mendarat di lantai dan berhenti di tempat.

8. Dropshot (Pukulan Potong)
  • Adalah pukulan yang dilakukan seperti smes. Perbedaannya pada posisi raket saat kontak dengan bola, bola dipukul dengan dorongan dan sentuhan ringan. Dropshot atau pukulan potong bertujuan agar bola jatuh dekat jaring dan tidak melewati garis ganda.
  • Karakteristik pukulan potong ini adalah bola sentiasa jatuh dekat jaring di daerah lapangan lawan. Untuk memperoleh kwalitas pukulan drop shot diperlukan berbagai sikap dan posisi badan pada sudut-sudut lapangan permainan. Cara memegang raket, gerakan kaki yang cepat, posisi badan dan proses perpindahan berat badan yang lentur pada saat memukul bola akan menentukan keberhasilan pukulan ini.
  • Sikap persiapan awal dan gerak memukul tidak berbeda dengan pukulan smesh. Dalam pelaksanaan drop shot ini merupakan variasi smash dengan gerak tipu badan atau gerakan raket pada saat kontak daun raket dengan bola.
  • Drop shot yang sempurna menyebabkan lawan terlambat mengatisipasi dan bereaksi untuk mengembalikan bola.

    Diskusi :
  1. Untuk drop shot forehand, gagang raket dipegang pada posisi di samping bahu atau di belakang kepala kita.
  2. Posisi badan menyamping vertikal dengan arah jaring atau sejajar jaring dengan posisi kaki kanan berada dibelakang kaki kiri atau sejajar.
  3. Untuk arah bola ke sebelah kanan lawan, sementara posisi kita di sebelah kanan belakang atau di tengah lapangan, maka pada saat memukul bola harus terjadi perpindahan beban badan dari kaki kanan ke kaki kiri.
  4. Posisi daun raket kita persiapkan pada saat kontak daun raket dengan bola miring seperti merajang daun tembakau, pada posisi bola setinggi mungkin dan sedikit menelungkup.
  5. Jika laju bola yang kita inginkan sedikit lebih keras, maka daun raket miring pada saat kontak dengan bola dan bola dipukul dengan menggunakan pergelangan tangan dengan tekanan kuat. Pada kasus ini walaupun tekanan pukulan kuat, jatuhnya bola akan di dekat jaring karena bola kegesek miring yang berakibat tangkai bulu pada bola bergerak memutar dan laju bola melambat.
  6. Jika posisi kita berada di sebelah kiri belakang dan bola akan kita arahkan ke sebelah kiri lawan, sementara kita ada di posisi yang sama, maka badan sama persis dengan posisi smesh dan pukulan bola menggunakan tipe rounded overhead smesh.
  7. Posisi badan harus selalu diupayakan berada sedikit di belakang bola. Pada saat kontak daun raket dengan bola, bola didorong dengan sentuhan ringan jika laju bola yang diinginkan tidak laju menukik ke depan jaring.
  8. Biasakan bergerak cepat mengambil posisi yang tepat di belakang bola. Jika laju bola panjang melampaui posisi gerakan mundur kita, maka pengembalian bola kita antisipasi dengan backhand drop shot.
  9. Perhatikan gerak langkah dan keseimbangan badan pada saat dan setelah memukul bola.
  10. Bola drop shot ini mengandung merupakan keterampilan gerakan dan bisa dikategorikan gerak tipu.
9. Netting
  • Adalah pukulan yang dilakukan dekat net, diarahkan sedekat mungkin ke net, dipukul dengan sentuhan tenaga halus sekali. Pukulan netting yang baik yaitu apabila bolanya dipukul halus dan melintir tipis dekat sekali dengan net.
  • Karakteristik teknik dasar ini adalah kok senantiasa jatuh bergulir sedekat mungkin dengan jaring/net di daerah lapangan lawan. Koordinasi gerak kaki, lengan, keseimbangan tubuh, posisi raket dan kok saat perkenaan, serta daya konsentrasi adalah faktor-faktor penting yang mempengaruhi keberhasilan pukulan ini.
  • Pegang raket dengan jari-jari tangan (ruas jari tangan), pergelangan tangan tetap rileks, posisi kepala (daun) raket sejajar dengan Iantai pada saat perkenaan raket dan kok yang harus diperhatikan selama proses pukulan jaring berlangsung. Di samping itu sikap dan posisi kaki tumpu harus tetap kokoh menapak di Iantai, dengan lutut kanan dibengkokkan, sehingga tidak terjadi gerakan tambahan yang dapat mempengaruhi keseimbangan tubuh.
Diskusi :
  1. Pegangan raket forehand untuk forehand net dan backhand untuk backhand samping jaring.
  2. Siku agak ditekuk dan pergelangan ditekuk sedikit ke belakang.
  3. Pada saat memukul, kaki kanan berada di depan dan posisi bola yang akan dipukul pada posisi setinggi mungkin dengan jaring.
  4. Upayakan bola jangan sampai jatuh melebihi dibawah separo jaring, ini akan menyulitkan netting.
  5. Sesaat sebelum daun raket kontak denganbola, buat tarikan kecil dan pergelangan tangan. Pukul bola pada bagian lengkung kanan dan kiri sampai pada bagian bawah bola. Akhir kepala raket sejajar lantai.
  6. Perhatikan, posisi daun raket pada saat kontak dengan bola harus tepat jangan sampai posisi daun raket menelungkup, atau teralu lemah tekanan pukulan, ini akan menyebabkan bola menyangkut jaring.
Cara Latihan
  • Lakukan berdiri dengan kaki statis dengan jarak dua langkah dari jaring sambil memegang raket.
  • Instruktur melemparkan bola berulang kali ke daerah jaring dan kita berusaha memukul melakukan netting.
  • Lakukan latihan tsb diatas di sisi kanan dan kiri jaring secara bergantian.
  • Tingkatkan intensitas latihan dengan bergerak dari tengah, kiri dan kanan lapangan ke posisi netting.
  • Arah dan sasaran pukulan dapat berbentuk lurus, silang atau dengan cara mendorong kok itu ke berbagai arah.
Demikianlah teknik dasar badminton Seri Kedua, ikuti terus pada seri berikutnya.

Selamat berlatih.


Referensi :

  1. Pengalaman Pribadi, dari Tahun 1970 - 2011
  2. Icuk Sugiarto, 2007, ''Total Badminton'' Pengda PBSI DKI Jakarta, Gedung Bulutangkis Jl. Asia Afrika, Senayan, Jakarta Pusat
  3. Anonim, 2007, ''Pedoman Praktis Bermain Bulutangkis'',  Pengda PBSI DKI Jakarta, Gedung Bulutangkis Jl. Asia Afrika, Senayan, Jakarta Pusat
  4. Situs http://www.bulutangkis.com/









































Tidak ada komentar: