14 Feb 2011

Mengenal Sosiologi Pedesaan dan Sub-urban Kota Besar (sebuah pengalaman empiris)

Sosiologi berasal dari bahasa Latin yaitu Socius yang berarti kawan, teman sedangkan Logos berarti ilmu pengetahuan. Ungkapan ini dipublikasikan diungkapkan pertama kalinya dalam buku yang berjudul "Cours De Philosophie Positive" karangan August Comte (1798-1857). Walaupun banyak definisi tentang sosiologi namun umumnya sosiologi dikenal sebagai ilmu pengetahuan tentang masyarakat.
Masyarakat adalah sekelompok individu yang mempunyai hubungan, memiliki kepentingan bersama, dan memiliki budaya. Sosiologi hendak mempelajari masyarakat, perilaku masyarakat, dan perilaku sosial manusia dengan mengamati perilaku kelompok yang dibangunnya. Sebagai sebuah ilmu, sosiologi merupakan pengetahuan kemasyarakatan yang tersusun dari hasil-hasil pemikiran ilmiah dan dapat di kontrol secara kritis oleh orang lain atau umum (Wikipedia Bhs.Indonesia, 2011)

Gotong-royong Masyarakat Pedesaan Untuk Meingankan Beban Bersama
Sosiologi pedesaan adalah suatu ilmu yang mempelajari masalah sosial baik pendidikan, kebudayaan dan kehidupan masyarakat yang terjadi karena hubungan antara manusia dengan manusia, manusia dengan kelompoknya , kelompok dengan kelompok lainnya dan seterusnya.
Secara awam, pengertian masyarakat pedesaan atau istilah umumnya wong ndeso, mempunyai ciri-ciri yang spesifik. Semakin jauh dari pusat keramaian kota ada kecenderungan masyarakat pedesaan semakin jarang populasinya dan membentuk struktur kemasyarakatan yang justru lebih erat tali persaudaraannya. Namun, secara sosiologis mereka lebih konsentrasi dalam kegiatan fisik agraris dan memerlukan waktu khusus untuk berkumpul bersama antar sesama warga pedesaan.  Kondisi alami yang sedemikian rupa dan dilaksanakan secara terus-menerus dan turun-temurun, mendorong individu warga menjadi kurang pergaulan, kurang percaya diri untuk tampil di depan umum, terisolasi dari pergaulan luas dan lain sebagainya. 
Oleh karenanya, mereka lebih mementingkan kerja keras untuk menghidupi keluarga dan berkumpul bersama hanya pada saat-saat tertentu saja terkait peristiwa moral yang menjadi simbol keberadaan harga diri masyarakat misalnya mendapat anugerah dari Yang Maha Kuasa, misalnya panen hasil bumi, mendapatkan kebahagiaan atau tertimpa musibah.
Dalam beberapa kasus wong nDeso terdapat keunggulan dibandingkan dengan masyarakat perkotaan. Contoh yang paling ekstrim, adalah kerukunan dan rasa senasib. Kerukunan bagi masyarakat perkampungan tidak bisa ditawar lagi. Saking lekatnya rasa kerukunan, sosok seseorang dalam satu lingkup wilayah Kecamatan masih saling mengenal. Memang diakui ada pergesaran sedikit sejak munculnya masyarakat Isalm Modern yang ingin menghilangkan segala bentuk ritual adat kejawen, namun perbedaan keyakinan dalam menjalankan ajaran agama tidak sampai menggoyang kerukunan dalam bermasayarakat. Pada intinya corak karakter masyarakat pedesaan bobot kepentingan moral spiritual lebih besar dibandingkan dengan sifat materialistisnya. Pola hidup gotong-royong dan murah meriah menjadi harga mati bagi sebagian besar masyarakat pedesaan.
Beberapa bentuk kerukunan yang dimanifestasikan dalam ritual adat : Nyadran, Merti Deso, Bedah Sawah, Garebeg Gethuk, dll.

Prof. Bintarto, 1984, Kota adalah sistem jaringan kehidupan manusia yang ditandai oleh strata sosial ekonomi yang heterogen serta corak materialistis. Menurut Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia No 4/1980 Kota adalah wadah yang memiliki batasan administratif wilayah seperti kotamadya dan kota administrasi. Perkembangan teknologi telah merubah masyarakat pinggiran kota atau sub urban menjadikan wilayah pinggiran kota berubah menjadi pusat-pusat kegiatan mandiri dengan berbagai fasilitas untuk mencukupi kebutuhan hidup sehari-hari, mulai dari Minimart, ATM, Pasar, Sekolah, Warnet, dll.
Masyarakat sub urban akan menjadi penyangga (buffer) bagi kehidupan kota manakala warganya memiliki kemampuan kontributif dalam kehidupan kota besar dan sebaliknya masyarakat sub urban justru menjadi beban bagi kehidupan kota besar jika warganya tidak memiliki kemampuan untuk berkontribusi bagi kehidupan kota yang diindikasikan dengan meningkatnya kejahatan yang semakin merajalela.
Individualistis dan meterialistis sudah tidak bisa ditawar lagi. Bahkan adu kekuatan olah pikir yang negatif pun sudah menjadi hidangan sehari-hari. Kewaspadaan dalam segala hal menjadi kebutuhan yang harus dipenuhi oleh setiap warga sub urban.
Masyarakat Sub-urban dgn Kesibukan Sebagai
Karyawan Perusahaan Waktu Habis untuk Bekerja 
Mengapa individualistis?   Jawabannya singkat yaitu karena tidak sempat menikmati hidup dalam kebersamaan. Seluruh waktunya habis untuk mencari nafkah. Bahkan untuk menikmati kebersamaan dalam satu rumahtangga pun kadang tidak sempat. Akhirnya, jadilah masyarakat yang cenderung untuk menumpuk harta benda (materialistis) untuk berjaga-jaga untuk membeli segala permasalahan bilamana terjadi sesuatu, bahkan sampai hal yang melanggar hukum pun ditukar dengan harta benda.
Keengganan terhadap kontribusi lingkungan yang seharusnya bisa diatasi sendiri, mereka tidak biasa melakukannya. Yang terjadi adalah meminta bantuan kepada Pihak Ketiga. Iuran untuk lingkungan dianggap sebagai beban, bukan merupakan suatu amal yang harus dikembalikan kepada kondisi alam sekitarnya. Lu lu, gua gua. Kalau sudah seperti ini maka bagi yang anggota masyarakat tidak mampu secara ekonomi akan semakin sulit untuk menyangga kehidupannya.  Bisa dibayangkan, jika suatu saat si miskin terkena musibah yang mengharuskan keterlibatan orang banyak, mis : sakit yang perlu berobat ke rumah sakit atau kematian, maka sifat individualistis sangat tidak enak dipandang mata bagi masyarakat luar. Pemandangan jalan atau gang lengang tidak ada tenda atau kursi di depan rumahnya manakala seseorang tertimpa musibah.. sangat tidak manusiawi dilihat orang yang lewat. Sedih.. orang yang melihatnya.   

Namun, masih ada yang lebih baik manakala suatu kondisi mozaik terjadi, jika masyarakat yang berasal dari pedesaan hidup dan berbaur di wilayah sub urban. Sifat gotong-royong  masih dipelihara, kesederhanaan dan prinsip hidup murah  masih terlihat jelas dan kondisi individualistis masih muncul pada beberapa anggota masyarakat walaupun tidak mencolok. Jadilah kelompok masyarakat dengan berwarna-warni karakter dan bentuk sinergi yang bisa dibanggakan. Tepa slira memahami kondisi kekurangan orang lain dan saling mengisi kelebihan terhadap kekurangan orang lain menjadi kunci kerukunan dalam bermasyarakat.

 
Rujukan Pustaka :
  1. ^ William D Perdue. 1986. Sociological Theory: Explanation, Paradigm, and Ideology. Palo Alto, CA: Mayfield Publishing Company. Hlm. 20
  2. ^ Kamanto Sunarto. 2004. Pengantar Sosiologi. Jakarta: Lembaga Penerbit FE UI. Hlm. 5
  3. ^ James. M. Henslin, 2002. Essential of Sociology: A Down to Earth Approach Fourth Edition. Boston: Allyn and Bacon. Hlm 10

10 Feb 2011

Alamat Kantor Pelayanan PLN Wilayah Jakarta & Tangerang

Informasi penting bilamana suatu saat anda mendapat gangguan listrik atau ada perlu lain untuk mengontak Pelayanan PLN, berikut Daftar Alamat, email dan Nomor Telepon PLN se Jakarta dan Tangerang.

 Kantor Layanan PLN Jakarta
Perbaikan Transmisi Listrik, Jakarta 2011



1. Kantor Layanan Menteng
  • Alamat : Jl. M.I.R. Rais No.1 Jakarta 10110
  • Telepon : (021) 3454000, 3455000, 3812017 / Fax. (021) 3846508
  • E-mail : http://menteng@plnjaya.co.id
2. Kantor Layanan Grogol
  • Alamat :Jl. Kyai Tapa No.216, Jakarta 11450
  • Telepon : (021) 5640586, 5640587, 5672765 / Fax. (021) 5640588
  • E-mail: http://grogol@plnjaya.co.id
3. Kantor Layanan Cempaka Putih
  • Alamat :Jl. Jend A.Yani No. 60, Jakarta 10510
  • Telepon : (021) 4255050 / Fax. (021) 4258152
  • E-mail : http://cempakaputih@plnjaya.co.id
4. Kantor Layanan Bandengan
  • Alamat :Jl. Bandengan Utara No.79, Jakarta 14440
  • Telepon : (021) 6600149, 6690408, 6604082 / Fax. (021) 6693500
  • E-mail: http://bandengan@plnjaya.co.id
5. Kantor Layanan Gunung Sahari
  • Alamat : Jl. Gunung Sahari Raya 12/12K, Jakarta 10720
  • Telepon : (021) 6006241, 6006242, 6006240 / Fax. (021) 6283916
  • E-mail : http://gunungsahari@plnjaya.co.id
6. Kantor Layanan Kapuk
  • Alamat : Jl. Raya Kapuk Komp Pertokoan Duta Harapan Indah Blok H 31 – 32 Jakarta
  • Telepon : (021) 6685775, 6688904 / Fax. (021) 6685951
  • E-mail: http://kapuk@plnjaya.co.id
7. Kantor Layanan Bulungan
  • Alamat : Jl. Sisingamangaraja No.1, Kebayoran Baru Jakarta 12120
  • Telepon : (021)7208333, 7220411 / Fax. (021) 7247828
  • E-mail : http://bulungan@plnjaya.co.id
8. Kantor Layanan Cinere
  • Alamat : Pertokoan Bona Indah Blok A 8-9 Jl. Raya Karang Tengah, Jakarta 12440
  • Telepon : (021) 7655021, 7655522 / Fax (021) 7655319
  • E-mail: http://cinere@plnjaya.co.id
9. Kantor Layanan Kebun Jeruk
  • Alamat :Pertokoan Intercon Blok A IX No.7 – 8 Jl. Meruya Ilir Raya, Jakarta
  • Telepon : (021) 5852534, 5852562, 5873905 / Fax.(021) 5871458
  • E-mail : http://kebonjeruk@plnjaya.co.id
10. Kantor Layanan Ciledug
  • Alamat :Jl. HOS Cokroaminoto Raya, Kreo Ciledug TANGERANG 15154
  • Telepon : (021) 7310509, 7310510, 73441028 / Fax. (021) 7310508
  • E-mail : http://ciledug@plnjaya.co.id
11. Kantor Layanan Pamulang
  • Alamat : Jl. Raya Siliwangi Pamulang, TANGERANG
  • Telepon : (021) 7428974, 7428973 / Fax.(021) 7428976
  • E-mail : http://pamulang@plnjaya.co.id
12. Kantor Layanan Ciputat
  • Alamat : Jl. RE. Martadinata Km.27, Ciputat TANGERANG
  • Telepon : (021) 7440802, 7443805 / Fax. (021) 7443804
  • E-mail : http://ciputat@plnjaya.co.id
13. Kantor Layanan Mampang
  • Alamat : Jl. Warung Buncit Raya No.10 Jakarta
  • Telepon : (021) 79192259, 79192212, 7942998 / Fax. (021) 79197328.
  • E-mail : http://mampang@plnjaya.co.id
14. Kantor Layanan Bintaro
  • Alamat : Jl. Bintaro Utama Sektor 3 Rukan Bintaro Blok C No.36-38 Bintaro Jaya Jakarta
  • Telepon : (021) 7375847, 7375848 / Fax.(021) 7375843
  • E-mail : http://bintaro@plnjaya.co.id
15. Kantor Layanan Kampung Melayu
  • Alamat : Jl. Jatinegara Timur No.75, Jakarta 13310
  • Telepon : (021) 8504426, 8504427, 8193929 / Fax. (021) 8192192
  • E-mail : http://kampungmelayu@plnjaya.co.id
16. Kantor Layanan Pondok Kopi
  • Alamat : Jl. Sentra Primer baru Timur, Pulogebang Jakarta
  • Telepon : (021) 4806504, 4806506, 4806502 / Fax. (021) 4807160
  • E-mail : http://pondokkopi@plnjaya.co.id
17. Kantor Layanan Kalimalang
  • Alamat : Jl. R. Sukamto Ruko Buaran Persada No.15 Jakarta
  • Telepon : (021) 86600706/7 / Fax. (021) 86600575.
  • E-mail : http://kalimalang@plnjaya.co.id
18. Kantor Layanan Rawamangun
  • Alamat : Jl.Balai Pustaka No.18, Rawamangun Jakarta
  • Telepon : (021) 47866659 / Fax. (021) 47866658
  • E-mail : http://rawamangun@plnjaya.co.id
19. Kantor Layanan Sunter
  • Alamat : Jl. Yos Sudarso No.85, Sunter 1 Jakarta 14350
  • Telepon : (021) 6510113, 6510078 / Fax. (021) 6510077
  • E-mail : http://sunter@plnjaya.co.id
20. Kantor Layanan Pondok Ungu
  • Alamat : Ruko Perum Taman Harapan Baru Blok G No.46-48 BEKASI 17131
  • Telepon : (021) 88975813, 88975816, 8880535 / Fax. (021) 88975815
  • E-mail : http://pondokungu@plnjaya.co.id
21. Kantor Layanan Marunda
  • Alamat : Ruko Koja Baru Blok A No.10 – 11, Jl. BhayangkaraTanjung Priok, Jakarta
  • Telepon : (021) 9173393, 43905220, 43905217
  • E-mail : http://marunda@plnjaya.co.id
22. Kantor Layanan Cikokol
  • Alamat : Jl. Jend Sudirman No. 1 TANGERANG 15118
  • Telepon : (021) 5526716, 5526717, 55770341 / Fax. (021) 5526721
  • E-mail : http://cikokol@plnjaya.co.id
23. Kantor Layanan Cengkareng
  • Alamat : Jl. Lingkar Duri Kosambi, Cengkareng Jakarta
  • Telepon : (021) 5440330, 5440332, 5440329 / Fax. (021) 5440340
  • E-mail : http://cengkareng@plnjaya.co.id
24. Kantor Layanan Serpong
  • Alamat : Jl. Raya Serpong BSD Sektor 8,TANGERANG 15310
  • Telepon : (021) 5372708, 5372709, 5372711 (Mnj) / Fax. (021) 5372712
  • E-mail : http://serpong@plnjaya.co.id
25. Kantor Layanan Cikupa
  • Alamat : Jl. Raya Serang Km 17, Cikupa TANGERANG 15710
  • Telepon : (021) 5960724, 5969107 / Fax (021) 5960725
  • E-mail : http://cikupa@plnjaya.co.id
26. Kantor Layanan Sepatan
  • Alamat : Jl. Raya Mauk Sepatan, TANGERANG 15520
  • Telepon : (021) 59373202, 59373204, 59373202 / Fax. (021) 59370831
  • E-mail : http://sepatan@plnjaya.co.id
27. Kantor Layanan Curug
  • Alamat : Jl. Raya Curug No.198 AB, TANGERANG
  • Telepon : (021) 5982149, 5987592 / Fax. (021) 5982137
  • E-mail: curug@plnjaya.co.id
28. Kantor Layanan Teluk Naga
  • Alamat : Jl. Raya Kampung Melayu No.11, TANGERANG
  • Telepon : (021) 55932719, 55932720 / Fax. (021) 55932719
  • E-mail : http://teluknaga@plnjaya.co.id
29. Kantor Layanan Kalideres
  • Alamat : Jl. Peta Selatan Kalideres, TANGERANG
  • Telepon : (021) 5407428 / Fax. (021) 5407427
  • E-mail : kalideres@plnjaya.co.id
30. Kantor Layanan Cisoka
  • Alamat : Jl. Raya Serang Km.26, SERANG
  • Telepon : (021) 5953379, 5953380, 5950651 / Fax. (021) 5954289
  • E-mail : http://cisoka@plnjaya.co.id
31. Kantor Layanan Condet
  • Alamat : Jl. Raya Bogor Km.20, JAKARTA 13520
  • Telepon : (021) 8093636, 8096787, 8006081 / Fax. (021) 8094383
  • E-mail : http://condet@plnjaya.co.id
32. Kantor Layanan Lenteng Agung
  • Alamat : Jl. Raya Tanjung Barat No.55,Jakarta 12610
  • Telepon : (021) 7917982, 7817984 / Fax. (021) 7817984
  • E-mail : http://lentengagung@plnjaya.co.id
33. Kantor Layanan Ciracas
  • Alamat : Jl. Raya Centex No.1 Ciracas, Jakarta 13740
  • Telepon : (021) 8726605, 8726606, 8720990 / Fax. (021) 8726604
  • E-mail : http://ciracas@plnjaya.co.id
34. Kantor Layanan Pasar Minggu
  • Alamat : Jl. Duren Tiga Raya No.100 Jakarta 12740
  • Telepon : (021) 79184937, 79184936 / Fax. (021) 79184935
  • E-mail : http://pasarminggu@plnjaya.co.id
35. Kantor Layanan Pondok Gede
  • Alamat : Jl. Raya Jatimakmur No.150, Jakarta 17400
  • Telepon : (021) 8488385, 8488386 / Fax. (021) 8488387
  • E-mail : http://pondokgede@plnjaya.co.id
36. Kantor Jaringan Gambir
  • Alamat : Jl. Yos Sudarso Kav. 85, Sunter Jakarta 14550
  • Telepon : (021) 610113, 6508863 / Fax. (021) 6510079
37. Kantor Jaringan Kebayoran
  • Alamat : Jl. Sisingamangaraja No.1, Kebayoran Baru Jakarta 12120
  • Telepon : (021) 7208333,71798930 / Fax. (021) 72795019
38. Kantor Jaringan Tangerang
  • Alamat : Jl. Jend. Sudirman (Akses Bypass) No.1 TANGERANG 15118
  • Telepon : (021) 5526716, 5527068 / Fax. (021) 5526721
39. Kantor Jaringan Kramat Jati
  • Alamat : Jl. Raya Bogor Km.20, Jakarta 13520
  • Telepon : (021) 8009534, 8009537, 8003036 / Fax. (021) 8006084
40. Kantor Pengatur Distribusi
  • Alamat : Jl.M.I.R . Rais No.1 Jakarta 10110
  • Telepon : (021) 3454000, 3455000 , 3846528 / Fax. (021) 3846536.
  • E-mail : http://upd@plnjaya.co.id

Gabopedia, February 2011

1 Feb 2011

Bahaya Di Balik Lantunan Ura-ura Penderes Nira Kelapa

Jika pada pagi menjelang siang hari atau sore menjelang petang anda berjalan-jalan menyusuri Daerah Tegalan Lor Kali Mangu, begitu perjalanan menapaki Dsn. Cowor kemudian belok ke kanan melewati Dsn. Jambon Desa Butuh, atau keraha utara melewati Dsn Piji, maka suasana lengang di perjalanan yang dikelilingi pertanian tanah kering yang dikenal masyarakat setempat sebagai "tegalan" telinga kita akan terusik dengan lantunan tembang merdu yang suaranya datang dari atas pohon kelapa. Dia lah Penderes Badeg atau Nira Kelapa yang setia memanjat pohon sampai mencapai puluhan pohon setiap pagi dan sore hari. Mereka mengerjakan nderes badeg  secara turun-temurun untuk menghidupi keluarganya.
Pohon kelapa semakin tambah umur, semakin tinggi malai bunga "manggar" yang harus digapai, sementara umur semakin tua kekuatan memanjat semakin berkurang. Bilamana cuaca cerah tidak bermasalah, tetapi jika musim penghujan tiba, pengambilan nira akan bermasalah. mana licin, mana badan kurang sehat dan lain sebagainya bumbung penampung nira tidak diambil dalam tempo sehari saja, maka akibatnya panjang. Hasil olahan berupa gula menjadi berwarna kehitaman, rasanya agak pahit dan akhirnya harga gula lebih rendah. Pohon yang terkena siraman air huajn pun sangat licin untuk dipanjat. Teknologi keamanan memanjat juga tidak ada sama sekali. Lebih-lebih inovasi untuk mengambil nira belum  pernah ada campur tangan Badan Penelitian Pemerintah yang dapat meringankan beban para penderes nira kelapa. Tidak jarang penderes jatuh dari pohon kelapa pada saat melakukan rutinitas menderes. Lantunan Serat Mocopat yang merdu dan lantang dari puncak pohon kelapa pun berbuah kecelakaan. Adakah teknologi alternatif dan tepatguna untuk meringankan ancaman kecelakaan mereka..? Atau pohon sumber nira alternatif yang lebih besar hasilnya..?

Nderes Badeg ..... atau Mengambil Nira Kelapa adalah kebiasaan orang pegunungan sekitar Gunung Kuli Desa Podosoko - Kec. Sawangan - Kab. Magelang yang melakukan budaya tanam menanam kelapa untuk tujuan dideres diambil niranya. Ada alasan teknis mengapa mereka melakukan kegiatan nderes yang penuh resiko..?? Habitat asli pohon kelapa adalah pantai. Mungkin zaman nenek moyang menganjurkan supaya anak keturunannya harus menanam kelapa karena pohon ini memang serba bermanfaat atau pohon kehidupan. Dari daunnya, lidinya, buahnya, sabut kelapanya, pohonnya, semuanya bisa dimanfatkan untuk menunjang kehidupan manusia. Nah, gantian rumah tidak lagi di pantai, berarti sudah bukan habitat pohon kelapa, maka apa yang terjadi..? Pohon tidak mau berbuah atau kalau berbuah pun jumlahnya sedikit. Begitu keluar "manggar" atau bunga kelapa yang jadi buah hanya 4, 5 buah setiap tangkainya. Untuk memanen menjadi buah kelapa tua yang bisa dimanfaatkan harus menunggu 3-4 bulan dan biasanya dalam satu pohon tidak semuanya buah kelapa muda "bluluk" selamat sampai tua karena serangan hama tupai "bajing". Inilah hasil perhitungan matematika petani, maka begitu keluar manggar tidak dipelihara jadi buah tetapi dipotong kompas manggar disadap niranya. Jadilah gula kelapa dan menghasilkan uang yang jika diperhitungkan mulai keluar manggar hingga selesai mengeluarkan nira bisa 5 x 10 kali lipat jika dibandingkan dengan buah yang dihasilkan pada 3 bulan berikutnya saat buah kelapa tua dan siap dipetik.


Memanjat Kelapa, menderes badeg Sembari Ura-ura...
Warga pedusunan Lor Mangu di sekitar Gunung Kuli pada umumnya setiap akan memanjat kelapa sudah mempersiapkan tembang untuk dilantunkan diatas pohon kelapa atau istilah lokalnya Ura-ura. Sambil memanjat kelapa, langkah demi langkah sampai ke atas dan sambil mengupas kelopak bunga "mancung" dan memotong tangkai malai bunga, keluarlah lantunan suara lantang dan merdu yang dikumandangkan oleh Penderes. Ura-ura sekar mocopatan yang dikumandangkan terdengar dari kejauhan Inilah salah satu lirik Serat Dandang Gulo :

Lir sarkara, wasianing jalmi
Ambudiya budining sasatnya
Memayu yu buwanane,
Ing reh hardaning kawruh,
Wruhing karsa kang ambeg asih,
Sih pigunane karya,
mBrasta ambeg dudu,
Mengenep nenging cipta,
Wruh unggayaning tindak kang ala lan becik,
Memuji tyas raharja.

Disamping pekerjaan yang menenangkan jiwanya, bahaya mengancam setiap saat musim penghujan tiba. Jika penderes memasang bumbung di sore hari, dia harus memanjat kembali pada pagi harinya untuk mengambil nira yang sudah penuh. Jika tidak diambil, maka berarti akan membuang nira sia-sia dan tidak mendapatkan uang. Adakah teknologi alternatif yang bisa dikembangkan di pedesaan untuk membantu petani penderes...?

Jika di Eropa ada pipanisasi penyadapan getah Maple semacam pohon penghasil cairan bahan baku syrop, di sebagian Jawa Barat petani Aren menggunakan pipa slang, kenapa di Gunung Kuli masih tetap mempertahankan tradisional memanjat pohon kelapa tinggi-tinggi tanpa pengaman... .kenapa tidak menggunakan selang, kenapa tidak menanam pohon Aren yang hasil niranya 5-10 kali lipat dibandingkan nira kelapa..?

Kecelakaan Penderes Jatuh, nir Alat Pengaman Memanjat, nir Teknologi Penyadapan Nira
Adikku Tumar seorang Petani Penderes Dsn. Gelap - Podosoko adalah salah satu korban sebagai penderes badeg kecelakaan jatuh dan meninggal pada awal tahun 2010. Dia jatuh yang kedua kalinya. Kecelakaan  yang pertama secara kebetulan dibawahnya tanah sementara diolah yang kondisi tanahnya gembur sehingga badan masih selamat, sedangkan yang kedua jatuh menimpa tanah sudah lama diolah dan nyawanya tidak terselamatkan. Innalilahi wa inna ilaihi roji'un .... Selamat jalan adikku..
Dia sudah tidak bisa lagi mengumandangkan sekar mocopatan.  Merdu lantunan suaramu habis karena masyarakat di sekitarmu tidak ada yang mampu menciptakan inovasi teknologi untuk memudahkan pekerjaanmu menjadi lebih ringan, efiisien, menghasilkan lebih banyak nira dan jauh dari kecelakaan.  Semoga riwayatmu menjadi inspirasi bagi para cedekiawan untuk menampilkan teknologi penyadapan nira yang konon selalu memakan korban pada setiap musim penghujan tiba. Tegalan  di pedesaan sekitar Gunung Kuli, Ds. Podosoko - Sawangan adalah salah satu aset Pemerintah Daerah Kab. Magelang yang bisa dijual tidak hanya karena nira kelapanya saja, masih banyak yang lainnya untuk mendatangkan devisa...

Tulisan yang terkait per-badeg-an sedang dalam drafting, akan segera terbit...

Jakarta, Februari 2011.

26 Jan 2011

Manfaat Ceker Ayam & Telur Ayam Mencegah Hypertensi dan Osteoporosis

Ceker Ayam Kemasan Ala Kadarnya
Jurnal Japan Society for Bioscience Tsukuba baru-baru ini mengungkapkan temuan bahwa ceker ayam punya khasiat buat meredam darah tinggi.

Kandungan zat kolagen (chicken collagen extract) pada ceker ayam setara aktivitasnya dengan obat antihipertensi golongan ACE-inhibitor. Kolagen ceker ini bisa menurunkan kadar rennin dalam plasma, sehingga tidak mengungkit tekanan darah menjadi lebih tinggi.

Jadi pendekatan darah tinggi dengan diet kini diperkaya lagi oleh kehadiran ceker ayam.
Hakau, Ceker Ayam yang dikemas ala Jepang

Sebelum ini yang diketahui berperan mengendalikan tekanan darah adalah mineral kalium. Itu maka pada mereka yang darah tinggi, asupan buah harus memadai. Tak cukup satu dua kali sehari, melainkan empat porsi buah dan sayur.

Selain ceker ayam, dikutip dari Journal of Agricultural and Food Chemistry, ada temuan yang diungkapkan para ahli dari Universitas Alberta, Kanada, ihwal peran telur ayam bagi pengidap darah tinggi. Telur yang dimasak ternyata berpotensi setara dengan antihipertensi ACE-inhibitor, seperti ceker ayam.

Tergantung bagaimana telur disajikan, menentukan tinggi rendahnya khasiat. Telur yang digoreng lebih tinggi potensi antihipertensinya daripada yang direbus. Campuran putih dan kuning telur lebih berpotensi ketimbang hanya putih atau kuning telurnya saja.

Karena itu, ketakutan berlebihan akan telur perlu dihapuskan. Membatasi bukan berarti sama sekali tidak. Telur adalah sumber asam amino (essential amino acid) paling lengkap.

Keripik Ceker, Rupanya Jelek, Rasanya....guriiihh
Bila tidak mengonsumsi telur sama sekali, kebutuhan tubuh akan delapan jenis asam amino esensial tidak terpenuhi. Tubuh tidak bisa memproduksi asam amino. Kekurangan salah satu atau lebih asam amino menimbulkan sejumlah keluhan dan penyakit. Konsumsi telur dua-tiga kali seminggu bukan larangan.

Temuan lain menyebutkan, mengonsumsi kacang-kacangan juga membantu menekan tekanan darah tinggi (Journal of Clinical Nutrition) karena kacang mengandung lemak tak jenuh yang menyehatkan, selain mineral magnesium (Mg), dan kalium (K) yang tinggi, serta fiber, vitamin, dan antioksidan.

Jadi disimpulkan, pengendalian darah tinggi mungkin cukup dengan DASH (diet approach to stop hypertension) style diet, selain memanfaatkan telur ayam, ceker, serta kacang-kacangan. Sejatinya yang benar itu menu nenek moyang yang sejak dulu memilih diet serupa DASH, ceker, telur, dan kacang-kacangan.

Di Jepang, peninggalan tradisi makan yang menyehatkan dalam kemasan Hakau kini masih diabadikan oleh nelayan di Okinawa.

Telur ayam digoreng (omelet)
Selain di tukang ayam goreng, ceker ayam juga sering dihidangkan bersama baso, seperti di warung mie baso Akung di jalan Lodaya atau bakso. Ceker ayam bisa disantap dalam bentuk Dim Sum. Penampakan lainnya adalah sebagai penambah rasa nasi tim ayam.
Ada yang menentang mengonsumsi ceker ayam, mungkin karena kaki ayam sangat jorok. Ada juga yang bergurau memakan ceker ayam menyebabkan tulisan tangan menjadi sangat buruk. Namun masyarakat tradisional secara empiris menyimpulkan bahwa selain ceker ayam itu enak juga memiliki khasiat gizi, terutama bagi pertumbuhan bayi dan anak-anak.

Di dalam kaki ayam terdapat kulit, otot, tulang, dan kolagen. Kolagen adalah sejenis protein jaringan ikat yang liat dan bening ke kuning-kuningan. Kalau kena panas kolagen akan mencair menjadi cairan yang agak kental seperti lem. Nah, susunan utama pada ceker ayam adalah asam amino, yakni komponen dasar protein. Di dalam asam amino itu antara lain terdapat glisin-prolin, hidroksiprolin-agrinin-glisin. Kaki ayam juga mengandung zat kapur dan sejumlah mineral. Dengan begitu memang masuk akal juga kalau orang tua kita tetap bertahan untuk menyuguhkan kaki ayam bagi anak-anaknya. Sebab jenis asam amino prolin dan hidroksiprolin serta zat kapur jelas-jelas dibutuhkan dalam pertumbuhan anak.

Kalsium memang memiliki andil besar untuk membangun dan mempertahankan kekuatan tulang, termasuk berguna untuk membantu mengatur detak jantung, pertumbuhan otot, mencegah penggumpalan darah dan sebagainya. Selain itu, tubuh juga akan mencuri cadangan kalsium yang dibutuhkan tulang. Hal inilah yang menyebabkan tulang kehilangan kepadatan dan kekuatannya, sehingga mudah retak bahkan patah. Sering disebut sebagai osteoporosis.

Kenapa terjadi osteoporosis? Di dalam tubuh kita terdapat dua jenis antigen, yang antigenik dan yang imunogenik. Tulang –termasuk gigi– akan mengalami keropos jika kekurangan antigen yang imunogenik, antigen ini banyak dikandung dalam kolagen pada ceker ayam.

Sumber Pustaka :
1. Wikipedia : Insiklopedia bebas, Januari 2011

Manfaat & Bahaya Kolesterol Bagi Tubuh

Kolesterol ialah molekul yang ditemukan dalam sel. Merupakan sejenis lipid yang merupakan molekul lemak atau yang menyerupainya. Kolesterol ialah jenis khusus lipid yang disebut steroid. Steroids ialah lipid yang memiliki struktur kimia khusus. Struktur ini terdiri atas 4 cincin atom karbon.
Kolesterol diperlukan untuk melaksanakan berbagai fungsi penting, seperti seks, hormon steroid, dan memberikan fleksibilitas untuk sel kita. Namun, bila Anda memiliki terlalu banyak kolesterol dalam darah, maka anda dapat berpotensi terserang berbagai penyakit- kolesterol tinggi secara diam-diam namun serius mengembangkan beberapa masalah kesehatan Anda.

Steroid lain termasuk steroid hormon seperti kortisol, estrogen, dan testosteron. Nyatanya, semua hormon steroid terbuat dari perubahan struktur dasar kimia kolesterol. Saat tentang membuat sebuah molekul dari pengubahan molekul yang lebih mudah, para ilmuwan menyebutnya sintesis.


Hiperkolesterolemia berarti bahwa kadar kolesterol terlalu tinggi dalam darah.
Kolesterol dapat dibuat secara sintetik. Kolesterol sintetik saat ini mulai diterapkan dalam teknologi layar lebar (billboard) sebagai alternatif LCD.
Tingginya kadar kolestrol dalam tubuh menjadi pemicu munculnya berbagai penyakit. Pola makan sehat merupakan faktor utama untuk mengghindari hal ini. Akan tetapi, tidak semua kolestrol berdampak buruk bagi tubuh. Hanya kolestrol yang termasuk kategori LDL (Low Density Lipoprotein) saja yang berakibat buruk sedangkan jenis kolestrol HDL (High Density Lipoprotein) merupakan kolestrol yang dapat melarutkan kolestrol jahat daam tubuh. Batas normal kolesterol dalam tubuh adalah 160-200 mg. Kolesterol merupakan bagian dari lemak (lipid) yang sebagian besar diproduksi dalam tubuh tepatnya di hati (sekitar 70%) dan sisanya berasal dari makanan atau diet.

Manfaat kolesterol bagi tubuh berperan penting dalam metabolisme untuk :
  • Membantu pembentukan hormon atau vitamin D
  • Memecah karbohidrat dan protein dan membangun dinding sel
  • Membentuk hormon seks yang penting untuk perkembangan dan fungsi organ seksual

Batasan nilai normal kadar kolesterol menurut NCEP ATP III (National Cholesterol Educational Panel Adult Treatment Panel III) adalah :
  • Kolesterol total : <200 mg/dl
  •  Kolesterol LDL (low density lipoprotein) : <100 mg/dl
  • Kolesterol HDL (high density lipoprotein) : >40 mg/dl
  • Trigliserida : <150 mg/dl
    Bila hasil pemeriksaan kadar lemak memperlihatkan peningkatan kadar kolesterol total, kolesterol LDL dan trigliserida, serta diikuti rendahnya kadar kolesterol HDL, maka kita harus mewaspadai meningkatnya kemungkinan terjadi proses aterosklerosis. Kondisi yang disebut dislipidemia (kadar lipid yang abnormal dalam darah) ini merupakan salah satu faktor resiko terjadinya serangan kardiovaskular.
Bahaya Kolesterol Bagi Tubuh
Bila kadarnya dalam darah masih dalam batas normal, jelas berdampak positif bagi tubuh kita. Namun bila sudah melewati batas tersebut, maka dampak negatif yang akan timbul, terutama dalam jangka panjang. Tingginya kadar kolesterol dalam darah akan menyebabkan penumpukan kolesterol di dinding pembuluh darah, yang biasa disebut dengan plak ateroma, dan menyebabkan terjadinya pengerasan, penyempitan atau sumbatan aliran darah di bagian pembuluh darah tempat plak tersebut terbentuk. Kondisi inilah yang disebut dengan aterosklerosis. Bila proses aterosklerosis ini terjadi pada pembuluh darah penting yang berfungsi mengalirkan darah dan makanan ke organ vital seperti jantung dan otak, maka fungsi kedua organ itu akan terganggu bahkan bisa berakibat fatal.
Manifestasinya bisa berupa : : nyeri dada (angina pectoris), gangguan irama jantung (arrythmia), serangan jantung akut (acute myocard infarct), bahkan sampai henti jantung (cardiac arrest) Otak : serangan otak (stroke), yang bisa menyebabkan kerusakan permanen pada otak.
Melihat betapa seriusnya dampak yang bisa ditimbulkan oleh kondisi hiperkolesterol dalam jangka panjang, sangat penting dan dianjurkan untuk secara rutin memeriksakan kadar kolesterol kita.

Untuk mempertahankan kadar kolesterol dalam kondisi normal tentu tidak mudah. Kita dianjurkan menerapkan pola hidup sehat, pola makan sehat dan rutin olahraga. Sedangkan bagi yang sudah dalam kondisi dislipidemia, dianjurkan untuk melakukan perubahan pola hidup sehat (Therapeutic Life-style Changes) serta berkonsultasi ke dokter untuk mendapatkan pengobatan yang sesuai. Selain itu, dianjurkan melakukan medical check-up rutin, paling tidak setahun sekali, untuk mengetahui kadar kolesterolnya dan mendapatkan informasi medis sejak dini yang berhubungan dengan kolesterol. Pada akhirnya, kembali kepada kita sendiri untuk menjadikan kolesterol sebagai sahabat yang bermanfaat atau menjadi musuh yang harus diperangi.


 
tinggi sering disebut dengan istilah Hypercholesterolemia, yang didiagnosis bila Anda memiliki terlalu banyak kolesterol yang beredar dalam darah. Bila hal ini terjadi secara terus-menerus, kolesterol dapat menumpuk pada dinding peredaran darah dan menjadi flek tebal. Proses ini dikenal sebagai atherosclerosis, sehingga dapat mengurangi aliran darah ke jantung atau daerah lain dalam tubuh, mencegah oksigen dan gizi diserap tubuh. Jika aliran darah ke jantung atau otak diblokir oleh kolesterol tinggi, maka dapat menyebabkan serangan jantung atau stroke.

Dua Sumber Utama Kolesterol Tinggi

Kolesterol tinggi dapat berasal dari dua sumber utama: hati Anda dan dari diet. Meskipun program diet merekomendasikan/menyarankan tidak mengkonsumsi lebih dari 200 mg kolesterol dalam sehari, namun tubuh kita telah membuat kolesterol lebih banyak dari yang diperlukan tubuh setiap hari.

Kolesterol yang dibuat oleh hati, juga dikenal sebagai kolesterol endogenous. Jumlah kolesterol endogenous tinggi, biasanya akibat dari kondisi penyakit tertentu (seperti diabetes atau hypothyroidism) atau dari gen. Terkadang, jika Anda mengobati suatu penyakit, mungkin Anda dapat menurunkan tingkat kolesterol Anda. Tetapi jika anda memiliki orang tua atau saudara kandung dengan tingkat kolesterol tinggi, ada kemungkinan bahwa Anda mungkin juga mendapatkan kolesterol tinggi di masa mendatang.

Exogenous kolesterol merujuk kepada kolesterol yang berasal dari luar tubuh. Ini biasanya disebabkan oleh diet yang meningkatkan jumlah lemak jenuh dan kolesterol. Mungkin makanan dalam program diet adalah makanan cepat saji, pastries, dan daging. Dengan mengurangi jumlah lemak dan kolesterol Anda konsumsi sehari-hari, Anda mungkin dapat menurunkan kolesterol Anda. Beberapa makanan dapat menyebabkan tingkat kolesterol tinggi - namun beberapa obat juga dapat menyebabkan kolesterol Anda meningkat.


Sumber Pustaka :
1. Wikipedia, 2010, Kolesterol 
2. dr Widodo Judarwanto SpA, Children Allergy clinic dan Picky Eaters Clinic Jakarta.

25 Jan 2011

Misteri Piring Terbang (Unidentified Flying Object)




Tapak Bekas Pendaratan UFO (Crop-Circle),
23 Januari 2011 Berbah, Yogyakarta
 UFO dan Makhluk Angkasa Luar (A 'll 'Inn) sudah dikenal sejak 6000 SM. Zaman Fir'aon (Pharaoh) Mesir kuno Alien diabadikan dalam situs artefak dan peninggalan teknologi Alien dibuktikan dengan lukisan-lukisan atau bangunan yang rumit tidak mungkin dibuat oleh manusia saat itu. Beberapa jejak Ufo dan Makhluk Luar Angkasa (Alien) memang ada, tetapi tidak menutup kemungkinan kelemahan-kelemahan argumen itu timbul . Radar kita tidak pernah mendeteksi adanya spaceship yang memasuki atmosfir Bumi. Meski ada ribuan saksi mata yang pernah melihat kemunculan ufo, tetapi bentuk gambar Ufo tidak sama. Sulit untuk di bayangkan, ketika para mahkluk luar angkasa / Alie tersebut keluar di angkasa dengan berbeda-beda pesawat setiap harinya.
Benda Terbang Aneh (disingkat BETA; identik dengan makna dari istilah bahasa Inggris: Unidentified Flying Object disingkat UFO) atau sering kali disebut sebagai benda terbang tak dikenal adalah istilah yang digunakan untuk seluruh fenomena penampakan benda terbang yang tidak bisa diidentikasikan oleh pengamat dan tetap tidak teridentifikasi walaupun telah diselidiki, (Wikipedia, 2010)

Sekarang ada tidaknya mahkluk luar angkasa tersebut di serahkan pada opini para pembaca
Alien, makhluk ruang angkasa,
Foto NASA, 1985


Penampakan UFO, Mexico 1963
Alien yg terlukis dlm artefak Mesir Kuno
Alien yg tertangkap manusia 1980-an, USA 
Hanuaebu, UFO zaman NAZI
Meski crop circle di persawahan Berbah, Sleman, masih dalam penyelidikan polisi, Komunitas UFO Indonesia (UFO-Indonesian Community), sudah memastikan lingkaran tersebut bukan jejak UFO alias buatan manusia. Kesimpulan ini dibuat setelah tim dari UFO-IC meneliti crop circle itu dari dekat.

Ketua yang juga pendiri UFO-IC, Michael Gumelar, mengatakan, dari foto yang diambil Bondan, anggota UFO-IC, dapat terlihat padi-padi tersebut rebah karena tekanan.

"Bahkan ada bekas padi dicabut pake tangan," kata Michael saat dihubungi detikcom, Selasa (25/1/2011).


 

Proyek UFO sudah dikembangkan negara Jerman di bawah pemerintahan Nazi yang diberi nama Hanuebu.  Kemungkinan Nazi Jerman jaman dahulu pernah melakukan kontak dengan bangsa alien dan mengadopsi salah satu teknologi mereka salah satunya yaitu pesawat anti gravitasi (Pesawat UFO).  Haunebu atau UFO versi Jerman merupakan proyek rahasia Nazi Jerman dibawah pimpinan Hitler, yang digarap sewaktu perang dunia ke II. Haunebu mengadopsi teknologi alien dengan sistem Anti-Gravitasi, yang konon Alien memang pernah mendarat di Jerman dan berkerjasama dengan pemerintahan Jerman. Banyak foto2 alien sedang bersalaman dengan pihak Nazi Jerman di beberapa buku tentang perang dunia ke II sebagai bukti Pemerintah Jerman bekerjasama dengan Alien. Banyak teknologi rahasia yang berhasil diadopsi, dari senjata gelombang suara, laser, awan panas buatan, bom robot, peluru penembuas baja, roket elektromagnetik, paralyzing ray, dan beberapa jenis senjata lainnya, bahkan hingga teknologi mesin waktu, yang disebut ”Die Glocke”, atau ”The Bell” yang memang bentuknya mirip lonceng. Die Glocke merupakan salah satu senjata rahasia milik Jerman yang belum ada tandingannya.

Proyek Haunebu di tahun 1939 berusaha membuat electro-magnetic-gravitic engine yang diupgrade dari Hans Coler’s free energy machine ke dalam enery converter untuk menghasilkan medan putaran elektromagnetik yang mampu berpengaruh pada gravitasi dan mengecilkan massa.  Namun, proyek UFO Jerman ini terhenti akibat Nazi kalah perang dengan sekutu pimpinan Amerika Serikat (AS). Kekalahan NAZI, maka teknologi Jerman menjadi rebutan antara USA dan Sovyet. USA mengusung ilmuwan teknologi dan Sovyet mengusung praktisi teknologi sehingga secara fisik Sovyet selalu lebih duluan mengorbitkan hasil karyanya dan USA lebih duluan me,polulerkan hasil temuann keilmuannya.  Beritanya, rancangan dan ide UFO Jerman telah berpindah tangan ke AS dan mencoba dikembangkan. Lalu benarkah UFO yang sering nampak itu UFO "made in" AS, belum ada yang membuktikan.


Kembali ke Crop Circle di Berbah - Yogyakarta dan di Tegalrejo - Magelang, Menurut pakar, crop circle yang asli adalah bukan patahan, tetapi seperti dilayukan pada bagian batang ilalang, gandum ataupun padi. Sehingga tanaman jenis ini seperti layu dan bukan patah, pada jarak yang relatif sama ketinggiannya.

"Yang asli (jejak UFO) menggunakan teknologi pemanasan," kata Michael menambahkan crop circle di Sleman bisa saja dibuat ketika masyarakat tidur malam hari.

Dia mengatakan, crop circle dengan teknologi pemanasan itu belum bisa dilakukan manusia di bumi.

"Manusia bumi, karena teknologinya belum mumpuni, maka saat membengkokkan sejenis ilalang, gandum ataupun padi, maka terlihat batangnya patah dan hasilnya ketinggian patahnya tidak teratur," ujar Michael menambahkan hal itu sebagaimana yang terjadi di Sleman.

Meski bukan crop circle asli, Michael mengatakan, fenomena di Sleman baik untuk menumbuhkan awareness bahwa ada kehidupan lain di luar angkasa. (detik.com , 25/1/2011)



21 Jan 2011

TRAWANG RIWAYATMU DULUU.....

Ngluku & nggaru dan ritual "bedah sawah" adalah pamandangan sebelum tandur
Warga Kec. Sawangan di Jakarta (dulu) mempunyai Wadah Paguyuban Bernama "Trawang" Sayang wadah tempat menumpahkan uneg-uneg dan nostalgia bagi para sepu tempo doeloe, hanya seumur jagung....

Pada tahun 1993/1994 saya dan teman-teman di Jakarta yang berasal dari Kec. Sawangan membentuk wadah paguyuban bernama Trawang yang berarti Trah Sedulur Sawangan yang didukung oleh para sepuh dan pinisepuh yang sudah lama tinggal di Jakarta kala itu. Manfaat paguyuban ini sangat besar dan sudah dirasakan oleh semua yang terlibat. Disamping sebagai pengikat tali silaturahmi juga menjadi forum komunikasi antar sesama migran dalam berbagai hal a.l dukungan karir, informasi lowongan pekerjaan dan membantu pemikiran program pembangunan ekonomi di pedesaan Kec. Sawangan.

Pada tahun 1990, saya secara kebetulan baru saja mutasi kerja dari Ujung Pandang (Makasar) ke Jakarta dan tinggal di rumah Bapak Ir. Sutrisno Darmodihardjo seorang asli Dsn. Bayat - Klaten di Pasar Minggu - Jaksel. Kantor saya di Departemen Kehutanan di Gedung Manggala Wana Bhakti, Senayan - Jakarta Pusat.
Suatu saat saya mau pulang kantor melewati Lobby Gedung Manggala Wana Bhakti, lewatlah Sdr. Muhamad Nadhir alumnus Fak Geologi UGM kelahiran Kali Tengah Desa Gondowangi , Kec. Sawangan.  Pembicaraan sampai kepada kesimpulan bahwa dia akan ikut pulang ke rumahku di Pasar Minggu - Jaksel di Jl. Kemuning Raya No.11 Pasar Minggu. 

Getuk, gatot, tiwul adalah makanan ndeso yg selalu hadir dalam
pertemuan-pertemuan Pengurus & Anggota Trawang
Rumah tersebut adalah rumah kakaknya Bapak Ir. Sutrisno D. yang secara kebetulan beliau mutasi dari kantor Manggala Wana Bhakti ke Bukit Tinggi, Sumatera Barat. Oleh karena anaknya ada yang sekolah di SMA 8 Pasar Minggu, maka saya diminta tinggal di rumah tersebut sekaligus mengawasi dia.
Sdr. Muhamad Nadhir pada saat itu tinggal di Condet dan bekerja di Konsultan Perpetaan di kawasan Tebet. Pertemanan semakin dekat dan akhirnya dia memutuskan pindah jadi serumah dengan saya di Pasar Minggu. Pertemanan merembet kepada teman-teman sepantaran dia dan kenal warga yang berasal dari Kec. Sawangan - Magelang migrasi ke Jakarta yaitu : Drs. Suteko (Piyungan), Drs. Didik (Wonolobo), Witoro (Kentengsari) dan Mbak Susi (Piyungan). Pada awalnya pertemanan sekedar saling memperkenalkan teman lain dan menyambangi kantor masing-masing. Selanjutnya ada idea untuk membentuk wadah paguyuban yg mencakup satu kecamatan Sawangan. Secara kebetulan saya masih jomblo, jadi bisa menyambangi siapa saja sedulur Sawangan yang dikenal, dimana pun berada di kawasan Jabodetabek.  Perkenalan sesama migran urbanisasi semakin luas dan muncul idea untuk membentuk "wadah paguyuban".
Sawah Kulon Omah, subur makmur kang sarwo tinandur
Suatu saat saya mendekati Bapak Drs. Sukarno Karnain (Kabag Keuangan INHUTANI-I)  piyantun  kelahiran Kentengsari yang aku kenal dari teman di INHUTANI-I. Pembicaraan dengan beliau sampai kepada idea untuk membangun wadah paguyuban meneruskan aspirasi para migran urbanisasi tesebut diatas. Gayung bersambut, beliau ternyata mempunyai 2 saudara kandung yaitu Ir. Sukarso Karnain (Pejabat di Bina Marga)  dan Drs. Sukarto Karnain (Pejabat di Dep. Transmigrasi).  Dari Bapak-bapak tersebut, ditemukan nama-nama beken warga Sawangan yang sudah lama tinggal di Jakarta seperti Drs. Kafrawi, MA (Sekjen Depag, dari Gadingsari),  DR. Herjuno (Nasri), Drs. Ahmad (Kentengsari), Drs. Tepung (Piyungan), dls.
Pertemuan pertama kali sekaligus pembentukan Wadah Paguyuban dilaksanakan di rumah Bapak Sukarno Karnain di kawasan Cinere yang lokasinya berada di Jakarta bagian selatan Provinsi Jawa Barat. 

Persiapan Pembentukan Paguyuban
Awal tahun 1993 saya mengundang pertama kali pada hari Minggu teman-teman di Pasar Minggu membahas rencana pokok paguyuban, pola rekrutmen anggota dan nama wadah paguyuban. Pembahasan cukup "gayeng" karena yang paling banyak dibicarakan dalam pertemuan justru riwayat masing-masing sewaktu masih sekolah di SMP, SMA dan keanekaragaman profesi dan umur. Tidak ada hasil konkrit secara organisasi dalam pertemuan perdana ini.
Pertemuan kedua berselang 4 bulen berikutnya pada bulan puasa dengan acara buka puasa bersama di Pasar Minggu. Saya mengundang lebih banyak anggota berdasarkan masukan dari para teman-teman urban. Pembahasan sangat efektif dan menghasilkan agenda untuk 2 sampai 3 bulan kedepannya dalam rangka pembentukan wadah paguyuban. Rencana beberapa alternatif tempat pertemuan, orang-orang yang diundang, nama paguyuban, model forum yang akan dilakukan dan peralatan yang harus dibawa di lokasi pertemuan dengan target pertemuan yang akan dilaksanakan bisa sukses. Secara konsep, persiapan untuk mencapai target sudah matang.
Berikutnya adalah "saya bergerilya" mendekati Bapak-bapak yang sekiranya bersedia ditempati sebagai tempat pertemuan yaitu pertama di Kebayoran Lama dan kedua di Cinere. Ditetapkanlah  lokasi pertemuan di rumah Bapak Sukarno Karnen. Kemudian undangan mulai dibuat, semua adalah pengurus untuk membantu kegiatan administrasi dan gethok-tular menyampaikan undangan pertemuan. 

Pertemuan Pembentukan Paguyuban    
Pertemuan dilaksanakan di Rumah Bapak Sukarno Karnen Cinere pada bulan September 1993. Tidak dinyana-nyana, dengan mengandalkan gethok-tular, yang hadir fantastis, mencapai 30 orang dari berbagai kalangan, umur dan profesi. Bapak Sukarno Karnain adalah orang yang sangat baik hati, dermawan dan konsisten dalam menjalani hidup berasal dari  kampung dan tetap setia "ngendikan" menggunakan bahasa Jawa Halus.
Hidangan ala kampung pun menjadi pemandangan yang tak terduga sebelumnya seperti gathot, thiwul, gethuk parut dan pecel. Suasana pertemuan bak reuni bagi beliau-beliau yang pada zaman mereka sekolah harus berangkat dari rumah di kawasan Kec. Sawangan berjalan kaki menysuri jalan tanah dan melewati jembatan bambu Kali Pabelan di Surodadi atau Gunung Lemah yang sering banjir pada saat musim penghujan. Para orang tuanya yang hidup sebagai petani menyerahkan sepenuhnya semangat dan kemampuan anaknya menempuh sekolah terdekat yaitu Kota Muntilan. Saat itu kendaraan umum belum dijumpai. Akses jalan tanah yang menghubungkan Kota Blabak menuju Banyuroto di ujung lereng G. Merbabu dan Wonolelo di lereng G. Merapi kadang dilewati truk milik Pengusaha angkutan barang dari Kota Muntilan. 
Bapak-bapak pinisepuh saling mengenang pada saat banjir K. Pabelan di Gunung Lemah atau Surodadi harus berjalan kearah barat menuju Dsn. Blangkunan dimana terdapat jembatan kereta api melintang di K. Pabelan yang pasti bisa digunakan untuk menyeberang Kali Pabelan dikala banjir. Mereka riuh rendah berkelakar mengenang masa sekolah khususnya pada masa sekolah di tingkat SLTP atau SLTA di Muntilan.
Disepakati nama paguyuban adalah Trawang diambil dari Trah Sedulur Sawangan. Kenapa Trah? Oleh karena nama Sawangan adalah trademark daerah Lembah dan Lereng Merbabu dan Merapi yang mencakup aliran Sungai Krasak, S. Mangu, S. Dadar di Kec. Sawangan dan sebagian Kec. Mungkid. Dengan demikian jika dibatasi wilayah administratif Kec. Sawangan, akan terbatasi hanya sampai Dsn. Wonolobo dan Dsn. Piyungan di batas bagian barat dan batas bagian timur sampai di Wonolelo dan Banyuroto.

 Pertemuan berikutnya adalah di Kebayoran Lama dan pertemuan ketiga adalah di Rumah Bapak Tepung di Petukangan Utara Ciledug.  Pertemuan semakin gayeng karena disamping membahas penyempurnaan AD/ART, forum paguyuban sudah melangkah kepada saling memberi informasi lowongan pekerjaan, sharing tukar informasi dalam meniti karir seseorang karyawan dan membahas program kontribusi migran Jakarta terhadap pembangunan Kec. Sawangan. 
Hasil konkrit forum komunikasi adalah masuknya beberapa orang anggota (perempuan) di Asuransi Jiwa dari dukungan  sesepuh (Pejabat Asuransi Jiwa Jakarta Pusat) dan pengiriman pemuda Desa Sawangan (4 orang) untuk dikirim ke Perusahaan Persuteraan Alam di Sukabumi. Dan masih banyak lagi program paguyuban yang akan dilakukan.

Sayang, paguyuban tidak berumur panjang berbarengan dengan kesibukan para penginisiatif sekaligus pengurus muda. Saya sendiri desersi dari Dephut ke perusahaan swasta hingga sekarang, Sdr. Muh. Nadhir berkeluarga dan harus ikut pindah ke Wonosari mengikuti karir istrinya hingga sekarang, Didik Istiana pindah pekerjaan dari Kuningan menjadi karyawan LSM Kemanusiaan dan Suteko semakin padat acar belajar mengajar.
Tamatlah riwayatnya... ohh ... Trawang... akankah ada penerus yang bisa membangkitkan kembali....???